Jokowi Hadiri Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71

0
279

Jakarta, namalonews.com- Presiden Jokowi menghadiri puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkonas) ke-71 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Kamis (12/07/2018). Tema peringatan yang diangkat tahun ini adalah ‘”Penguatan Koperasi Mendorong Ekonomi Nasional”.

Setelah menyerahkan penghargaan kepada pelaku koperasi, Presiden pun memberikan kata sambutannya. Jokowi mengaku sangat senang dengan perkembangan koperasi Indonesia saat ini sudah mulai meningkat, termasuk dari sisi kontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto).

“Saya sangat senang sekali bahwa perkembangan koperasi sudah ada peningkatan yang cukup baik, kontribusi koperasi terhadap PDB ini 4,48 (persen) dari sebelumnya 3,99 (persen),” kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, meskipun ada peningkatan yang cukup baik dari sisi perkembangan koperasi di tanah air, namun sayangnya belum ada loncatan yang signifikan dari koperasi.

“Tetapi belum meloncat, yang kita inginkan adalah sebuah lompatan sistem ekonomi gotong royong yang kita miliki,” katanya.

Jokowi juga menyinggung tentang perkembangan teknologi yang terjadi dengan sangat cepat dan dinamis. Dari mulai ponsel dan GSM yang setiap waktu memperbaharui teknologinya. Juga perkembangan Google, Facebook, YouTube, dan Instagram.

“Semua perkembangan ini harus kita ikuti. Perkembangan seperti ini harus kita lihat. Semua harus melihat perkembangan-perkembangan seperti ini, bagaimana koperasi masuk ke teknologi digital,” kata Jokowi.

Sementara itu sebelumnya, Ketua Dewan Koperasi Nasional  Nurdin Halid menyampaikan hal-hal yang telah dilakukan dalam menyambut Hari Koperasi Nasional tahun ini. Diantaranya kegiatan sadar koperasi yang digelar di Bulan Ramadhan.

Kemudian juga melakukan ziarah kepada Bapak Koperasi Indonesia, Mohammad Hatta. Hingga pada puncak acara diadakan Harkopnas Expo yang berlangsung 12-15 Juli 2018.

Dalam puncak peringatan Harkonas ke-71 ini Presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Ketua Dewan Koperasi Nasional Nurdin Halid.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here