Kroasia Kerahkan Semangat Bukukan Sejarah Di Piala Dunia

0
53

Jakarta, namalonews.com- Kroasia disebutkan mulai menjalani debut pertama di Piala Dunia di Prancis pada 1998. Mereka berhasil melangkah ke empat besar dan terhenti oleh oleh tuan rumah di semifinal.

Dalam perjalanan waktu hingga Piala Dunia 2014 di Brasil, Kroasia tidak mampu lagi menorehkan kisah sukses untuk melaju ke empat besar Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang, Piala Dunia 2006 di Jerman, Piala Dunia Brasil 2014, Mereka selalu tersingkir di babak penyisihan grup.

Selain itu, Federasi Sepak Bola Kroasia sudah gonta-ganti pelatih berkali-kali mulai dari Slaven Bilic, Nico Kovac, sampai Ante Cacik tidak juga mampu menghadirkan prestasi Kroasia.

Cacik sempat dipecat pada 2017 karena hasil Piala Eropa 2016 mengecewakan dan kurang menjamin di kualifikasi Piala Dunia 2018. untuk mengisi kekosongan tersebut, Federasi Sepak Bola Kroasia menyerahkan kursi pelatih kepada pelatih yang kurang dikenal di sepak bola Eropa yaitu Zlatko Dalic.

Dalic disebutkan hanya melatih klub Abu Dhabo Al ai di Arab Saudi. Selain itu, ia juga hanya bermodalkan pengalaman latihan di tiga klub lokal Kroasia di antaranya Varteks, Rijeka, dan Slaven Belupo.

Kroasia melaju ke final karena tim ini berada dalam generasi yang bagus. Saya dibantu oleh pemain berkelas di tim ini,” ujarnya dikutip dari laman resmi timnas Kroasia pada Jumat (13/7/2018).

Kroasia mencatatkan sejarah pertama kali lolos ke final piala dunia. Mereka berhasil mengalahkan Inggris di Semifinal dengan skor 2-1. Sebelumnya, mereka tidak pernah menelan kekalahan.

Kroasia bermaterikan pemain-pemain klub raksasa Eropa di antaranya Ivan Rakitic di Barcelona, Luka Modric di Real Madrid, Mario Mandzukic di Juventus dan Dejan Lovren di Liverpool. Meski menangani pemain berkelas, Dalik tidak grogi dengan anank-anak asuhnya itu. Ia justru mampu menyatukan tekad pemain untuk membanggakan negara yang hanya berpenduduk 4 juta jiwa itu.

Dalik sebenarnya tidak pernah membayangkan akan menangani tim yang bisa lolos ke final Piala Dunia. Tapi, kini Dalic tidak mau merendah. Ia akan menyebut emosi dirinya dan semua pemain Kroasia sudah sangat kompak untuk menorehkan sejarah baru menjuarai Piala Dunia.

“Tidak pernah saya bayangkan akan berlaga di final Piala Dunia. Kroasia memang negara yang membuat segala kemungkinan terjadi. Kami akan membuat yang terbaik buat empat juta  rakyat kami,” katanya.

Dalic akan memacu potensi menyusun stategi dan meningkatkan semangat Luka Modric dan kawan-kawan untuk satu laga lagi di Rusia. Apalagi kalau bukan partai final menghadapi Prancis di Stadion Luzhniki-kota Moskow pada 15 Juli mendatang.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here