Pemerintah Akan Segera Bangun Kapal Di Danau Toba

0
247

Jakarta, namalonews.com- Pemerintah khususnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Danau Toba akan segera memiliki galangan Kapal. Luhut meninjau proses pembuatan kapal penumpang di Dermaga Porsea, Balige, Danau Toba-Sumatra Utara pada Jumat (13/7/2018).

“Kita belum memiliki galangan kapal di Sini, Danau Toba. Sekarang, pemerintah coba membuatnya, nanti kita akan rapikan bersama. Ini penting,” ujarnya.

Luhut juga menambahkan pemerintah akan segera membangun beberapa kapal. Selain kapal penumpang bertipe kapal feri, Luhut juga menjelaskan pemerintah akan membuat kapal-kapal dengan ukuran lebih kecil lagi untuk menunjang kegiatan di Silangit yang semakin meningkat pengunjungnya.

“Kemudian yang lebih kecil dari sini kita akan buat lagi dan sudah dalam target pemerintah. setelah dihitung dengan baik, pengunjung di Sililangit terus melonjak. Sejauh ini, pengunjung yang mendarat di Sililangit tercatat mencapai 1.300 orang. Jadi, angka menunjukkan bahwa pengunjungnya sudah banyak sekarang. Sebelumnya, kami perkirakan jumlah penumpang per harinya mungkin hanya berkisar 500 orang, tapi ternyata sudah sangat banyak dan harus diakomodasi,” katanya.

Dalam peninjauan pembuatan kapal tersebut, Luhut juga menyebut kemajuannya sudah bagus. Kapal sudah tidak menggunakan kapal kayu lagi dan bagian bawahnya sudah lebih lebar sehingga bisa menjamin stabilitas lebih baik.

Terkait insiden kecelakaan KM Sinar Bangun yang terjadi di Danau Toba, Luhut menyebut pemerintah akan berupaya melakukan perbaikan semaksimal mungkin agar kejadian tersebut tidak akan terulang kembali. Kementerian Perhubungan, lanjut Luhut, jugal telah menyepakati untuk melakukan evaluasi terhadap sejumlah pelabuhan di kawasan pariwisata tersebut.

Terlebih, berdasarkan hasil rilisan data resmi, tercatat mencapai 42 pelabuhan berada di Samosir. Pelabuhan-pelabuhan tersebut, tambahnya, akan ditertibkan agar menjamin pengelolaan yang lebih baik ke depannya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here