Ini Harapan Presiden Terhadap Babinsa

0
202

Jakarta, namalonews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kenaikan gaji anggota Babinsa bisa meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan. Hal ini disampaikannya usai menjamin kenaikan dukungan operasional kepada anggota Babinsa yang diterima pada Juli ini.

“Saya menaruh perhatian yang lebih pada peningkatan profesionalisme dan khususnya juga terkait kesejahteraan Babinsa. Setiap kali saya ke daerah dan bertemu dengan Babinsa, yang selalu saya dengar adalah tunjangan kinerja Babinsa,” kata Presiden Jokowi pada Selasa (17/7/2018).

Presiden Jokowi menyebut kenaikan gaji anggota Babinsa pun bervariasi. Sejak tahun lalu, pemerintah-Kementerian Keuangan telah menyediakan anggaran untuk mendukung kegiatan operasional Babinsa.

“Yang tipe A dari Rp 104 ribu per bulan naik menjadi Rp 900 ribu perbulan. Catatan-catatan seperti ini perlu saya konfirmasi. Saya dapatnya dari Menteri Keuangan, saya cek katanya Juli sudah diterima. Kemudian, yang Babinsa tipe B ini dari Rp 440 ribu per bulan sekarang menjadi Rp 1,2 juta per bulan,” ujar Presiden Jokowi.

Tercatat 4.505 anggota Babinsa yang hadir pun membenarkan telah menerima kenaikan operasional sejak bulan ini. “Sudah!” respons para anggota Babinsa kompak saat diminta konfirmasi oleh Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi menyebut kenaikan dukungan operasional ini bertujuan untuk mendukung kegiatan para Babinsa yang berada pada baris terdepan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara di wilayah pedesaan. Sebab, anggota Babinsa disebutkan turut terlibat dalam pelayanan sosial kepada masyarakat dan pembangunan di pedesaan.

“Saya tahu Babinsa berada pada barisan terdepan dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ikut menjaga ketertiban yang ada di desa-desa” tambah Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh Babinsa di Tanah Air atas kerja keras mereka. Presiden memahami dan mengakui Babinsa dan anggota polri berada pada baris terdepan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, termasuk saat mengamankan penyelenggaraan pilkada serentak.

Penulis: Boni Ogur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here