Alasan Inneke Koesherawati Diperiksa KPK Mulai Terungkap

0
370

Jakarta, namalonews.com- Alasan diperiksanya Inneke Koesherawati oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen, mulai terkuak. Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkap bahwa artis film tersebut mempunyai peran sebagai pembeli mobil untuk menyuap Wahid agar suaminya, Fahmi Darmansyah, bisa memiliki ‘hak istimewa’ di dalam lapas.

“Kita masih terus dalami, tapi yang jelas antara lain pemesanan mobil itu, antara lain dia ikut cawe-cawe, masih kita dalami,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo kepada wartawan di Kejagung, Jl Hasanuddin, Jaksel, Senin (23/7/2018).

Menurut Agus, KPK akan segera memanggil Inneke untuk mendalami keterlibatannya dalam pembelian mobil  di kasus suap Kalapas Sukamiskin, Bandung tersebut.

“Makanya dia dipanggil itu, karena suaminya di dalam, dia di luar, mobil-mobilnya itu antara lain atas usaha dia,” ujar Agus.

“Mungkin saja ya karena dia (Fahmi) di dalam, kemudian dia (Inneke) yang disuruh membelikan, memesankan. Mungkin kan, tapi kita dalami dulu,” imbuhnya.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan 4 tersangka dalam kasus dugaan suap pemberian fasilitas tambahan di sel Lapas Sukamiskin.  Tersangka  yang diduga menerima suap Wahid selaku Kalapas Sukamiskin dan Hendry Saputra selaku stafnya. Sementara itu, yang diduga sebagai pemberi  suap adalah suami Inneke, Fahmi Darmawansyah, dan Andri Rahmat.

Diduga, Wahid Husen menerima suap berupa uang dan dua mobil dalam jabatannya sebagai Kalapas Sukamiskin sejak Maret 2018. Uang serta dua unit mobil yang diterima Wahid itu diduga berkaitan dengan pemberian fasilitas, izin luar biasa, yang‎ seharusnya tidak diberikan kepada diberikan kepada napi tertentu.

Fahmi Darmawansyah sendiri diduga memberikan suap kepada Wahid untuk mendapatkan fasilitas khusus di dalam sel atau kamar tahanannya. Fahmi juga diberikan kekhususan untuk dapat mudah keluar-masuk Lapas Sukamiskin.

Penulis : Agus Yanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here