Gubernur Alex: Perusakan Fasilitas ASIAN Games di Jakabaring Mempermalukan Sumsel

0
158

Jakarta, namalonews.com- Alex Noerdin selaku Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) terlihat kesal atas peristiwa perusakan sejumlah kursi yang ada di stadion Glora Jakabaring, Palembang. Seperti yang diketahui, stadion ini akan menjadi salah satu stadion yang akan dipergunakan pada ajang Asian Games 2018 nanti.

Gubernur Sumsel ini mengaku bahwasanya kericuhan yang dilakukan oleh para suporter Sriwijaya FC itu mencoreng nama baik Sumatera Selatan, terlebih lagi Palembang yang merupakan salah satu daerah yang digunakan sebagai tempat digelarnya perhelatan terbesar se-Asia yang membawa nama baik negara Indonesia. Menurut Alex, tindakan perusakan fasilitas yanga ada di Stadion Jakabaring merupakan salah satu tindak pidana.

“Ini sangat memalukan Sumsel. Jelas tindakan perusakan ini ada aturan pidananya”, jelas Alex pada saat meninjau fasilitas yang ada di stadion Glora Jakabaring, pada hari Senin, 23 Juli 2018.

Gubernur Sumsel yang telah menjabat selama dua periode ini selanjutnya meminta proses hukum kepada pelaku pengerusakan agar tetap dijalankan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku, sehingga ke depannya tidak ada lagi kericuhan atau tindakan pengerusakan fasilitas yang ada di Palembang.

“Oknum yang seperti itu, tidak boleh jadi suporter. Masih banyak suporter yang lainnya, yang seperti itu dikeluarkan saja,” tegas Alex.

Diperkirakan, untuk perbaikan kursi stadion Glora Jakabaring di bagian tribun utara dan selatan pun akan memakan waktu hingga satu minggu ke depan. Setelah selesai dilakukan perbaikan, untuk sementara kawasan komplek Jakabaring Sport CIty atau JSC akan disterilkan dan ditutup untuk umum.

“Perbaikan dimulai hari ini, dan satu pekan sudah akan selesai. Soal penutupan untuk umum, nanti akan dirapatkan terlebih dahulu. Yang jelas, stadion tidak diperbolehkan untuk digunakan lagi”, jelas Alex.

TNI Bantu Perbaikan Kursi Stadion Jakabaring

Pada hari Senin, 23 Juli 2018, jajaran dari Batalyon Zikon Kodam II Sriwijaya, ikut serta dalam memperbaiki ratusan kursi yang dirusak di stadion Glora Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Satu per satu dari ratusan kursi yang rusak oleh sekelompok suporter Sriwijaya FC tersebut dikumpulkan kemudian diperbaiki oleh pasukan TNI, sedangkan untuk kursi yang rusak parah hanya dikumpulkan saja.

Kolonel Czi Herdiyana Prambudi yang merupakan Kepala Zenit Kodam II Sriwijaya menyampaikan bahwa setidaknya terdapat sejumlah 40 anggota dari Batalyon Zikon yang diturunkan untuk membantu memperbaiki kerusakan di Stadion Jakabaring tersebut. Menurutnya, masih akan ada tambahan pasukan yang diterjunkan untuk membantu perbaikan.

“Hari ini baru ada sekitar 40 anggota yang diturunkan, nantinya akan ditambah lagi 35 anggota,” jelas Herdiyana.

Menurut Herdiyana, personel TNI yang diturunkan ini berdasarkan perintah langsung dari Pangdam II Sriwijaya. Perintah tersebut dikeluarkan setelah mendapatkan informasi bahwa stadion Glora Jakabaring yang akan digunakan dalam ajang Asian Games 2018 mengalami kerusakan akibat kerusuhan suporter ketika digunakan sebagai stadion dalam pertandingan antara Sriwijaya FC melawan Arema FC pada hari Sabtu, 21 Juli 2018 kemarin.

Diberitakan sebelumnya, bahwa terjadi kericuhan antar suporter pada pertandingan Sriwijaya FC melawan Arema FC yang berlangsung di stadion Glora Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan pada hari Sabtu, 21 Juli 2018 sore kemarin.

Kericuhan tersebut diduga bermula ketika tim kesebelasan Sriwijaya FC berhasil ditaklukkan oleh tim tamu, Arema FC dengan skor 3 – 0. Setelah peluit panjang, kericuhan suporter mulai terjadi. Kejadian itu diduga karena kekecewaan suporter karena kekalahan tersebut, serta banyaknya pemain yang dijual oleh tim Sriwijaya FC. (disadur dari berbagai sumber)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here