Divonis 9 Bulan Penjara, Begini Momen Haru Tio Pakusadewo dan Putrinya

0
172

Jakarta, namalonews.com – Tio Pakusadewo menambah deretan nama artis Indonesia yang tersandung kasus narkotika. Dalam sidang putusan di PN Jakarta Selatan, Ampera Raya, Selasa (24/7/2018), Tio Pakusadewo divonis 9 bulan penjara. Vonis kepada artis peran senior itu dibacakan langsung oleh Hakim Ketua Asiadi Sembiring.

Hakim menilai Tio Pakusadewo terbukti melanggar dakwaan subsider dalam Pasal 127 ayat 1 Undang Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 mengenai Narkotika, yaitu penyalahgunaan.

Dalam keputusan itu, hakim telah mempertimbangkan dua hal.

Pertama, yang memberatkan, Tio Pakusadewo tidak mendukung program pemerintah dalam hal memberantas penyalahgunaan narkoba sekaligus meresahkan masyarakat atas perbuatannya.

Pertimbangan yang kedua, yang meringankan, Tio Pakusadewo tidak pernah dihukum pidana, mengakui perbuatannya, serta bersikap sopan selama menjalani persidangan.

Sebelum mengetuk palu, Hakim Ketua Asiadi mengatakan bahwa terdakwa Tio Pakusadewo sudah terbukti secara sah serta meyakinkan bersalah karena melakukan tindak pidana narkotika golongan I untuk dirinya sendiri.

“Menjatuhkan pidana penjara selama 9 bulan,” imbuh Asiadi dan diiringi dengan mengetuk palu ketika membacakan putusan.

Vonis yang diputuskan kepada Tio Pakusadewo tersebut ternyata lebih rendah dari tuntutan jaksa, yaitu selama 6 tahun penjara.

Hakim Ketua Asiadi juga menambahkan bahwa menetapkan sekaligus memerintahkan penuntut umum untuk segera mengeluarkan terdakwa Tio Pakusadewo dari rumah tahanan penjara sejak putusan ini dibacakan. Hal ini dilakukan supaya terdakwa bisa menjalani pengobatan dan perawatan melalui rehabilitasi medis yang bertempat di RSKO Cibubur selama 6 bulan.

Mendengar putusan yang dibacakan tersebut, Asiadi pun menanyakan kepada terdakwa Tio Pakusadewo apakah menerima putusan tersebut atau tidak. Tio Pakusadewo pun menjawab bahwa dirinya menerima.

Selasa (24/7/2018), sang putri, Patrisha Beatrice Pakusadewo atau yang juga disapa Trisha, menyampaikan kebahagiannya usai ayahnya divonis lebih rendah dari tuntutan jaksa sebelumnya.

Trisha merasa lega dan bersyukur ayahnya ditahan tidak begitu lama. Lantaran baginya yang penting ayahnya dapat sembuh terlebih dahulu.

“Alhamdulillah, alhamdulillah banget lah. Udah lega,” kata Trisha setelah persidangan selesai.

“Siapa sih yang tega lihat bapaknya ditahan terus begitu. Pasti maunya sembuh,” imbuh Trisha.

Lebih lanjut, hukuman yang diterima sang ayah karena pria berusia 54 tahun tersebut menyalahgunakan narkoba untuk dirinya sendiri dan tidak merugikan orang lain.

“Pasti kita support terus, doain papah terus. Pokoknya papah jangan sampai banyak pikiran,” kata Trisha.

Trisha juga mengungkapkan bahwa dirinya dan keluarga terus mendukung sekaligus mendoakan sang ayah. Dirinya tak ingin ayahnya mempunyai banyak pikiran.

Anak kedua dari tiga bersaudara tersebut merasa bersyukur bahwa Tuhan masih membukakan jalan yang terbaik untuk sang ayah.

“Terharulah dengernya, seneng, lega. Akhirnya Tuhan kasih jalan buat papah direhabilitasi,” kata Trisha.

Sebelumnya, aktor senior tersebut ditangkap saat tengah makam malam di rumahnya yang berlokasi di Jalan Ampera I, Cilandak Timur, Jakarta Selatan oleh Polda Metro Jaya.

Tio Pakusadewo membeli sabu dari seorang perempuan yang bernama Vina dengan harga Rp. 1,5 juta untuk empat klip sabu. Pembelian sabu dilakukan pada Sabtu, 16 Desember 2017. Vina mengantar sabu ke rumah Tio.

Lalu Tio konsumsi sabu tersebut pada Minggu, 17 Desember 2017. Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita 1,06 gram sabu yang ada di dalam tiga bungkus plastik klip.

Adapun barang bukti lain yang juga disita jaksa ialah korek api gas, cangklong, sabu berikut bong, dan satu unit ponsel. (disadur dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here