Presiden Jokowi: Inilah Masalah Besar Bangsa Sekarang

0
323

Jakarta, namalonews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan akan persoalan yang sedang menyelimuti Bangsa sekarang. Presiden Jokowi menyebut terdapat 2 masalah besar Bangsa khusus terkait ekonomi. Ia mengharapkan kedua persoalan tersebut segera diselesaikan.

“Terdapat dua persoalan besar yang selalu terus-menerus saya katakan. Yang ini menjadi kewajiban kita semua, yang masih harus kita carikan solusi terbaiknya demi Negara kita,” ujar Presiden Jokowi saat membuka Rapat Kordinasi Nasional Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya-Jakarta pada Kamis (26/7/2018).

Kedua masalah tersebut adalah transaksi berjalan dan neraca perdagangan yang masih defisit dan persoalan keduanya adalah sektor pariwisata.

“Masalah defisit transaksi masih berjalan, masalah defisit neraca perdagangan. Kalau fundamental ini bisa diperbaiki. Kita akan menuju pada Negara yang tidak akan terpengaruh oleh gejolak-gejolak ekonoi dunia,” tambahnya.

Terkait neraca perdagangan, Presiden Jokowi berpesan untuk memperhatikan secara serius terhadap nilai ekspor dan impor.

“Neraca perdagangan saya titip, meskipun saya berkali-kali sudah menyampaikan ini urusan ekspor dan impor. Kita sekarang ini mengalami defisit impornya banyak, ekspornya lebih sedikit. Masalahnya adalah di investasi dan perluasan usaha,” tandasnya.

Terkait masalah sektor pariwisata, ini merupakan salah satu penghasil devisa Negara. Mengenai hal ini, presiden Jokowi juga meminta investasi sektor pariwisata ditingkatkan lagi.

“Yang kedua adalah yang berkaitan dengan pariwisata. Sektor ini juga menghasilkan devisa. Berikanlah ruang yang selebar-lebarnya bagi investor di bidang ini, terutama untuk daerah-daerah yang pariwisatanya sudah mulai diincar oleh wisatawan-wisatawan baik dalam negeri maupun dari luar,” sahutnya.

Presiden Jokowi memastikan pemerintah pusat bersedia dan selali siap turun tangan untuk membantu sektor pariwisata di daerah.

“Apa yang dibutuhkan dari pusat, kita akan siap untuk membantu,” tutupnya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here