Ungkapan SBY Mengenai Sejumlah Kesepakatannya dengan Prabowo

0
156

Jakarta, namalonews.com- Partai Demokrat mengadakan sebuah pertemuan dengan Partai Gerindra yang mana bertujuan untuk membahas koalisi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang akan datang.

Hasil dari pertemuan yang diselenggarakan tersebut  telah disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sesudah melakukan pertemuan dengan Prabowo.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan bahwa pertemuannya dengan Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra telah menghasilkan sejumlah kesepakatan yang nantinya akan menentukan koalisi mereka.

  1. Berupaya dan berkontribusi dalam Pemilu atau Pilpres yang jujur dan adil

-Jangan sampai pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang didominasi oleh politik identitas atau SARA secara ektrem, tujuannya agar demokrasi tumbuh semakin berkualitas.

-Menyerukan supaya negara, aparat pemerintah dan juga aparat intelegence kepolisian dan militer bisa sungguh sungguh netral dan tidak berpihak pada Pemilu 2019 yang akan datang.

  1. Tentang Permasalahan Bangsa
  2. Eknomi serta kesejahteraan rakyat

-Seperti hanya masalah pertumbuhan ekonomi, lapangan pekerjaan, mengurangi kemiskinan, keseimbangan pembangunan manusia dengan infrastruktur.

-Situasi monoter, seperti nilai tukar rupiah yang semakin melemah, kondisi fiskal yang merupakan beban APBN Indonesia.

-Investasi belum berjalan dengan sepenuhnya.

-Kebijakan pajak yang sebaiknya adil dan tidak membebani rakyat,  namun juga biss menggerakkan roda investasi.

-Situasi energi diantaranya berupa kenaikan harga minyak dunia, kenaikan BBM serta  tarif dasar listrik dan juga beban Pertamina.

-Penghasilan golongan orang kurang mampu.

  1. Keadilan hukum dan HAM

Penegakan hukum juga harus dilakukan secara adil serta tidak tebang pilih serta bebas dari intervensi  sampai hukum tidak menjadi alat politik.

  1. Politik dan Demokrasi

Kebenaran Implementasi konstitusi dan undang-undang ketatanegaraan  di dalam kehidupan bernegara.

Selanjutnya pentingnya check and balances antar lembaga negara.

Termasuk dlam hal independesi masing-masing lembaga negara.

Selanjutnya kebebasan pers sampai dengan penertiban hoaks serta fitnah.

  1. Persatuan dan kerukunan sosial dan sikap antiradikalisme

Susilo Bambang Yudhoyono juga mengungkapkan apabila ia sependapat dengan Prabowo, yang mana radikalisme serta ektremisme sampai kekerasan terjadi dengan dalih apapun.

Menolak islampobia  dan juga mudahnya mengecap kelompok tertentu sebagai kelompok radikal.

  1. Ideologi dan dasar negara

Menjalankan Pancasila dan UUD 1945.

Menolak dan mencegah hadirnya ideologi lain yang mengancam Pancasila dan UUD 1945, antara lain seperti komunisme, dan juga pikiran yang ingin menjadikan Indonesia ini sebagai negara agama.

Pemerintahan 5 tahun ke depan

Lima isu strategis yang telah diungkapkan sebelumnya sebaiknya menjadi visi dan juga misi dari pemerintah selama 5 tahun ke depan.

Selanjutnya pemerintah puncak supaya cakap, pemerintahan pun juga harus efektif.

Meningkatkan ekonomi, termasuk juga perbanyak lapangan kerja dan juga meningkatkan pendapatan.

Ekonomi nasional sebaiknya harus bisa dikelola dengan cakap, serius, dan bisa dijalankan dengan efektif, termasuk juga dalam menghadapi perang dagang sampai dengan melejitnya dollar.

  1. Kemungkinan terjalinnya koalisi

SBY juga mengungkapkan apabila dalam pertemuan tersebut kemungkinan partainya akan menjalin koalisi dengan Gerindra dan partai lainnya.

SBY juga mengungkapkan jika “Jalan membuka koalisi ini terbuka lebar, apalagi setelah kami sepakat atas yang menjadi persoalan bangsa 5 tahun ke depan, sepakat apa yang diinginkan rakyat hingga golongan bawah”.

SBY pun juga menyebut dirinya mempunyai pandangan yang sama pada partai Gerindra.

Kemudian, SBY juga mengungkapkan akan melakukan pembahasan lebih mendalam di Majelis Tinggi Partai Demokrat yang selanjutnya akan memutuskan koalisi serta capres-cawapres yang nantinya akan diusung. (disadur dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here