Jepang Bangun Masjid di Atas Sebuah Truk

0
314

Jakarta, namalonews.com- Untuk menyambut Olimpiade Tokyo and Paralympics pada 2020 mendatang, Jepang telah membangun masjid di atas sebuah mobil truk yang diproduksi pabrika Hino. Demikian informasi yang dilansir dari nhk.or.jp.

Jika dilihat dari penampakkan luar terlihat sepertinya hanya truk biasa. Namun jika kendaraan tersebut berhenti, siap-siap kita akan takjub melihat truk yang mampu melebarkan kontainernya.

Truk masjid ini dimodifikasi sehingga dapat menampung 50 jamaah pada satu waktu dan akan ditempatkan di perkampungan atlet muslim. Kendaraan ini nantinya  dapat membantu atlet muslim atau orang yang hadir jika kesulitan mencari masjid di Jepang.

Masjid yang bergerak (berada di atas truk) untuk pertama kalinya diperkenalkan di Stadion Toyota di wilayah Aichi pada pukul 15.30 hingga 18.00 waktu setempat. Kendaraan truk dilengkapi juga dengan fasilitas seperti tempat menginap dan aula doa yang nyaman.

Selain itu, masjid berjalan ini juga dilengkapi fasilitas berupa Air Conditioner (AC) dan juga tempat berwudu. Keberadaa  truk masjid ini diharapkan dapat memenuhi kewajiban baik atlet maupun pengunjung untuk menunaikan salat 5 waktu.

Kehadiran masjid berjalan ini juga sebagai perwujudan “oemetenashi” atau keramahtamahan dalam bahasa Jepang. Kira-kira berapa dana yang dihabiskan untuk membangun truk masjid ini?

Menurut perkiraan modifikasi truk masjid ini menghabiskan dana sekitar 1 juta yen atau setara Rp 130 juta.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here