TGB, Gubernur NTB Dukung Jokowi, Siapa Bilang Rakyatnya Mendukungnya?

0
294

Jakarta, namalonews.com- Tuan Guru Bajang adalah gubernur NTB dua periode dengan masa jabatan 2008-2013 dan 2013-2018.  TGB mendukung kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar berlanjut hingga periode kedua. TGB menyoroti percepatan pembangunan di NTB, khususnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Sebab, TGB khawatir pembangunan itu mandek ketika ada pergantian kepemimpinan.

“Jadi keputusan apa pun itu harus mempertimbangkan kemaslahatan bangsa, umat, dan akal sehat. Keseluruhan dari tiga hal ini menurut saya, pantas dan fair kalau kita beri kesempatan kepada Bapak Presiden Jokowi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang selama empat tahun ini beliau mulai,” kata TGB pada media, Rabu (4/7/2018).

Langkah politik  Tuan Guru Bajang (TGB)  alias Zainul Majdi mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019, dalam pandangan pengamat politik  dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno,  belum tentu diikuti oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB), tempat TGB menjadi pemimpinnya. Dengan kata lain, dukungan TGB kepada Jokowi tersebut belum tentu linier dengan dukungan masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) kepada capres petahana yang juga manan gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara itu,  pendapat berbeda dikemukakan oleh  Pangi Syarwi Chaniago, direktur Direktur Eksekutif Voxpol Center yang juga adalah dosen Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

“Bisa saja terjadi split ticket voting. Walaupun Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi mendeklarasikan dukungan ke Jokowi, masyarakat NTB belum tentu ikut arahan haluan politik TGB,” ujar Pangi kepada JPNN, beberapa waktu yang lalu.

Hal senada disampaikan oleh  Ketua Pemenangan Pilpres Partai Gerindra, Sandiaga Salahudin Uno. Menurut Sandi, solusi yang diberikan oleh Prabowo Subianto berlaku juga untuk rakyat NTB.

“Kami yakin rakyat termasuk rakyat NTB akan melihat tawaran yang akan diberikan Pak Prabowo dengan pendekatan ekonomi, penciptaan lapangan kerja akan mendapatkan hati, tempat dan pikiran rakyat NTB,” jelas wakil gubernur DKI Jakarta ini.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here