PAN: Peluang Koalisi dengan Jokowi Terbuka

0
214

Jakarta, namalonews.com- Ketum PAN yaitu Zulkifli Hasan mengatakan bahwa partainya tersebut belum menutup kemungkinan untuk dapat berkoalisi dengan beberapa partai parpol lainnya pendukung Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang. Menurutnya bahwa terdapat segala kemungkinan untuk masih dapat terjadi.

Zulkifli juga mengatakan hingga sampai saat ini PAN juga masih menjalin komunikasi politik dengan berbagai partai politik lainnya. Hal tersebut juga dilakukan dengan baik bersama kolaisi Jokowi atau koalisi Prabowo.

Menurutnya bahwa arah koalisi PAN juga masih berproses. Partainya tersebut juga masih menjajaki kesamaan dengan kedua poros koalisi tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa proses tersebut partai politik masing-masing juga memiliki kepentingan, cita-cita dan memiliki sesuatu yang harus diperjuangkan nanti jika akan bertemu dalam situ berbagai elemen di berbagai faktor tersebut juga nanti akan diputuskan.

Zulkifli juga membantah jika PAN telah mengundurkan diri dari koalisi para pendukung Jokowi-JK tersebut.

Wakil Ketua Umum PAN yaitu Bara Hasibuan mengatakan bahwa dukungan partainya tersebut kepada capres serta wakilnya dalam Pilpres 2019 mendatang masih fleksibel.

Pada sebuah rapat kerja nasional PAN, menurutnya bahwa memang telah disepakati jika capres dari partai tersebut yaitu Zulkifli Hasan.

Bara mengatakan bahwa namun untuk sesuatu yang sudah final ia masih bersikap fleksibel serta terbuga berbagai macam kemungkinan. Ia juga menegaskan bahwa pilihannya tersebut juga berdasarkan dengan kepentingan nasional bukan like serta dislike. Hal tersebut tentu saja siapa yang akan menjadi kandidat yang dianggap dapat membawa Indonesia menjado bangsa yang depan dan adapun beberapa latar belakang, rasanya tidak akan membeda-bedakan.

PAN sampai saat ini masih menunggu serta menimbang berbagai kemungkinan untuk menentukan sebuah pilihan pada saat pemilu presiden mendatang.

Segala kemungkinan juga masih terbuka lebar karena Zulkifli sebelumnya juga sudah melakukan beberapa pertemuan dengan berbagai para tokoh politik termasuk kembali masuk dalam sebuah koalisi pemeritah pada saat ini serta mendukung Jokowi menjadi calon pertahana. Demikian juga dengan berbagai kemungkinan mendukung calon yang alternatif.

Ia juga mengatakan bahwa masih ada waktu beberapa minggu lagi bagi PAN untuk dapat memutuskan pilihannya. Nanti keputusan tersebut yang akan diambil juga harus diputuskan melalui rakernas. Sampai saat ini DPP juga melakukan berbagai kegiatan pendekatan, ada pendekatan dan ada juga perdebatan di dalamnya, selain itu juga terdapat beberapa opsi yang ada di luar.

Sebelumnya Zulkifli Hasan juga mengaku bahwa ia telah bertemu dengan Jokowi di Istana Bogor. Setelah pertemuan tersebut, Zulkifli juga mengatakan bahwa partainya tersebut belum menentukan sikap politik dalam Pilpres mendatang. Dia juga tidak menjelaskan mengenai tujuan dari pertemuan tersebut.

Zulkifli mengatakan bahwa ia memang bertemu dengan Jokowi. Selain itu sebagai ketua MPR dan juga ketua partai tentu harus konsultasi.

Zulkifli juga mengatakan beberapa hal yang akan dibahas bersama dengan Jokowi yaitu diantaranya mengenai rapat gabungan GBHN serta beberapa persiapan mengenai sidang tahunan pada tanggal 17 Agustus 2018 mendatang.

Zulkifli juga menampik bahwa pertemuan tersebut dilakukan karena dirinya tidak diajak dalam sebuah rapat bersama dengan ketum partai politik koalisi pemerintahan oleh Jokowi sendiri yang dilakukan di Istana Bogor tersebut.

Ia juga mengaku bahwa pertemuannya bersama Jokowi tersebut sudah direncanakan beberapa waktu yang lalu.

Mengenai koalisi, Zulkifli juga mengatakan bahwa PAN sendiri masih melakukan beberapa proses sebelum ia menentukan sikap resmi dalam Pilpres 2019 mendatang. (disadur dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here