Anies Perintahkan Pembatas Jalan Dicat Seperti Warna Semula

0
230
Foto : ahloo update

Jakarta, namalonews.com – Pembatas jalan di sejumlah wilayah DKI Jakarta yang beberapa waktu lalu sempat diberi cat warna-warni, kini kembali dicat warna semula, yakni hitam putih. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mengungkapkan alasannya.

“Ada ketentuan-ketentuan mengenai marka-marka jalan,” kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (31/7/2018).

Anies mengungkapkan hal tersebut setelah mendapat penjelasan dari Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Yusmada Faizal tentang ketentuan soal marka jalan. Salah satunya adalah soal warna untuk kepentingan keamanan.

“Asisten Pembangunan kemarin menjelaskan bahwa ketentuan tentang marka jalan penting untuk ditaati karena memiliki fungsi tidak hanya untuk estetika tapi juga untuk safety,” kata Anies.

Sebelumnya pembatas jalan di beberapa ruas jalan di Ibukota Jakarta sempat terlihat tidak seperti biasanya. Yang tadinya berwarna hitam putih belakangan berubah menjadi warna warni. Hal tersebut juga terjadi pada separator yang dipakai untuk membatasi jalur busway.

Pemberian warna pada pembatas jalan, sesungguhnya sudah diatur pada Peraturan Menteri Perhubungan RI, Nomor PM 34 Tahun 2014 tentang Marka Jalan.

Soal pewarnaannya sendiri, diatur dalam pasal 4 dan terdiri atas putih, kuning, merah serta warna lainnya. Masing-masing warna untuk marka jalan itu memiliki arti, termasuk yang warna lainnya.

Contohnya warna putih, menyatakan bahwa pengguna jalan wajib mengikuti perintah atau larangan sesuai dengan bentuknya. Meski disebutkan ada warna lainnya, ayat 4 pasal 4 menyebutkan kalau itu mewakili warna hijau dan coklat.

Jadi marka jalan itu dicat dengan salah satu dari warna-warna sesuai dengan peruntukannya.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here