Himpunan Mahasiswa Fisika UNP, Kembali Gelar Ajang Bergengsi untuk Pelajar Menengah Se-Sumatera

0
245

Jakarta, namalonews.com – Setelah sebelumnya sukses menggelar LOFI (lomba fisika) 2017 kini ajang bergengsi itu kembali digelar oleh mahasiswa fisika UNP. Dengan mengusung tema “Melalui Lomba Fisika tingkat SMA XXII dan SMP XIV Se-Sumatera Kita Kembangkan Keterampilan 4C ( Creativity, Communicative , Critical, dan Collaboration) untuk Membentuk Scientist Muda yang Mampu Bersaing di Era Globalisasi”, “ini adalah ketiga kalinya LOFI diadakan untuk tingkat Sumatera setelah sebelumnya LOFI diangkatkan hanya untuk 3 provinsi saja yaitu Sumbar, Riau, dan Jambi. Konsep lomba yang diusungpun tak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mungkin modifikasi teknis agar lebih menarik saja untuk tahun ini” pungkas Gonta Yugu Tanca selaku Ketua Pelaksana LOFI 2018 (24/07/2018)

Serangkaian acarapun disiapkan untuk menyambut calon scientist yang akan berlomba pada tahun ini, mulai dari Open Laboratorium hingga Workshop untuk Guru. Tak hanya itu mahasiwapun diberi kesempatan untuk mengembangkan bakat wirausaha, melalui kerjasama antara panitia LOFI 2018 dan Departement Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Fisika sendiri. Tak sekedar ajang adu rumus saja, siswa yang punya jiwa senipun bisa berkompetisi diajang ini, karna salah satu bidang lomba yang diadakan yaitu Lomba Doodle, tak mesti hadir kepadang, khusus untuk lomba ini peserta boleh mengirimkan hasil karyanya melalui alamat email unplofi@gmail.com, mudah bukan?

LOFI sendiri adalah salah satu program kerja dari Departemen Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Penristek) dari HIMA Fisika, diharapkan dengan adanya program kerja ini mampu meningkatkan ketertarikan para siswa dalam bidang ilmu Fisika sendiri. “Semoga LOFI 2018 dapat menambah minat dan wawasan di bidang fisika dan dari Open Laboratorium nanti dapat menambah wawasan siswa  mengenai pengaplikasian dari teori fisika, selain menghasilkan  siswa yang berkompeten di bidang fisika juga sebagai penerus fisikawan selanjutnya” ungkap Maharandi yang sekarang ini di amanahi sebagai Ketua HIMA Fisika sendiri.

Tak tanggung-tanggung, dosen-dosen yang telah berkompeten dibidangnya akan menjadi juri langsung pada LOFI tahun ini. Untuk open laboratorium sendiri adalah salah satu rangkaian acara yang sangat sayang untuk dilewatkan, disini akan dipamerkan berbagai alat rancangan mahasiswa Fisika sendiri, hingga Teropong Bintang yang ada di Laboratorium Geofisika dan alat yang digunakan untuk mengkarakterisasi struktur kristal atau yang lebih dikenal dengan nama XRD (X-Ray Powder Diffraction) yang ada di laboratorium material juga akan dipamerkan nantinya.

Berbagai persiapanpun dilakukan oleh panitia LOFI sendiri, mulai dari bimbingan dengan dosen pembimbing hingga waktu libur semesterpun dikorbankan, Audiotorium FMIPA akan jadi tempat perhelatah akbar ini, mulai dari pembukaan acara hingga babak penyisihan 25 agustus 2018 mendatang. Peserta yang lolos babak penyisihan akan maju ke babak semifinal dan mengikuti serangkaian tes pengetahuan lagi, hingga akhirnya mereka maju ke babak final, berbeda dari babak sebelumnya disini peserta juga akan melakukan tes praktek di Laboratorium Fisika sendiri.

Pada tahun sebelumnya MTsN Padang Panjang berhasil mencatatkan namanya sebagai juara umum untuk tingkat SMP/MTs sederajat dan SMAN 1 Bukittinggi untuk tingkat SMA/MA sederajat, apakah tahun ini mereka berhasil menorehkan prestasi emas itu kembali? atau ada penantang baru yang akan bersaing? (safa salsabila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here