Komisi Pemilihan Umum: 16 Parpol Perbaiki Berkas Bakal Caleg

0
164

Jakarta, namalonews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI  saat ini telah menerima berkas perbaikan bakal calon anggota legislatif tingkat DPR RI yang telah diserahkan perwakilan 16 partai politik peserta Pemilu 2019.

Lembaga penyelenggara Pemilu itu menerima berkas perbaikan bacaleg hingga hati ini Rabu (1/8/2018) pukul 00.00 WIB.

Arief Budiman selaku Ketua KPU RI, mengatakan jika perbaikan meliputi kelengkapan ijazah, daftar riwayat kesehatan, dan juga identitas diri,diantaranya seperti fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan juga berbagai macam kelengkapan yang  lainnya.

Saat ditemui di kantor KPU RI, Rhati abu (1/8/2018) dini hari tadi, Arief Budiman mengatakan, “Yang pertama kami sampaikan bahwa 16 parpol peserta Pemilu telah berhasil menyelesaikan perbaikan berkas, sebelum penutupan.”

Setelah menerima berkas perbaikan bacaleg, dirimnya juga menjelaskan, jika pihaknya akan melakukan pengecekan untuk masing-masing parpol apakah sudah memenuhi persyaratan 575 calon untuk 80 daerah pemilihan atau belum.

Dan untuk selanjutnya, tim-tim kecil  yang ada di KPU RI akan membuat janji dengan perwakilan masing-masing parpol untuk memeriksa atau meneliti keabsahan dari dokumen tersebut. Sedangkan untuk  alokasi waktu untuk melakukan itu mulai dari tanggal 1 sampai dengan 7 Agustus mendatang.

Namtinya, kataArief Budiman, KPU bersama perwakilan parpol akan memeriksa keabsahan dari berkas kelengkapan bacaleg. Setelah masa pemeriksaan selesai, secara internal KPU akan memeriksa sesuai dengan hasil penelitian bersama.

Dirinya juga menambahkan“Jadi perbaikan-perbaikan yang sudah dilakukan itu kami akan cek keabsahan. Setelah itu, kami akan melakukan rapat internal buat persiapan penetapan DCS (Daftar Caleg Sementara,-red). Kami kemudian menata dan susun daftar yang ada di DCS.”

Hingga sekarang ini, KPU RI masih belum menentukan kapan waktu penetapan DCS. Dia juga hanya mengaku jika memiliki waktu mulai dari 8 sampai dengan 12 Agustus untuk menyusun DCS.  Dan sesudah DCS ditetapkan, pihaknya akan mempublikasikan kepada masyarakat.

“Kemudian, kami minta masukan dan tanggapan dari masyarakat,” kata dia.

Selama tahapan pendaftaran dan penelitian bacaleg, KPU RI telah berpedoman kepada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018.

Dirinya juga menjelaskan, jika ada bacaleg tidak memenuhi ketentuan maka akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Ditambahkannya “Kami belum tahu apakah itu sudah diganti dengan yang lain atau tidak diganti atau dibiarkan saja dan dimasukin lagi. Kalau kemarin kami temukan harus diperbaiki, tetapi saat ini tidak diperbaiki ya TMS.”

Proses perbaikan berkas telah berlangsung sejak 22 Juli 2018. KPU menyerahkan berkas bacaleg kepada parpol yang berstatus Belum Memenuhi Syarat (BMS) serta Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk dilakukan perbaikan atau penggantian.

Sesudah menerima berkas perbaikan bacaleg parpol, KPU segera melakukan sejumlah  tahapan dimulai dengan verifikasi berkas hasil perbaikan 1-7 Agustus 2018, menyusun Daftar Calon Sementara (DCS) 8 sampai 12 Agustus 2018, mengumumkannya dan melihat persentase perempuan 12 sampai 14 Agustus 2018, lalu untuk meminta tanggapan masyarakat 12-21 Agustus 2018.

Jika nantinya ada tanggapan dan masukan dari masyarakat, maka KPU meminta klarifikasi kepada partai politik tersebut 22-28 Agustus 2018 dan memberi ruang untuk partai politik untuk menyampaikan klarifikasinya di tanggal 29 sampai 31 Agustus 2018.

Lalu tahapan pemberitahuan pengganti DCS yang dari mulai tanggal 1 sampai dengan 3 September 2018.

Kemudian tahapan pengajuan penggantian bakal calon 4-10 September dan verifikasi pengganti DCS 11-13 September 2018.

Untuk yang terakhir penyusunan DCT baru berlangsung pada 14-20 September 2018, ditetapkan 20 September dan DCT diumumkan ke masyarakat 21-23  September 2018. (disadur dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here