10 Hektar Kawasan Taman Nasional Komodo Ludes Terbakar

0
245
Foto : Solo Tribunnews

Jakarta, namalonews.com – Kebakaran yang terjadi di lahan hutan di Gililawa Darat, Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (01/08/2018) dan telah menghanguskan 10 hektar hutan di wilayah tersebut.

Menurut Kepala Taman Nasional Komodo (TNK) Budi Kurniawan memastikan jika kebakaran yang terjadi di Gililawa Darat tersebut baru diketahui pada hari Kamis (02/07/2018), pukul 18.15 dan api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 03.15 waktu sertempat.

Dari hasil pemeriksaan sementara, masih kata Budi,  diduga bahwa penumpang kapal “Indonesia Juara” sebagai pelaku terjadinya kebakaran tersebut. Mengenai informasi yang beredar belum bisa dipastikan apakah puntung rokok atau kembang api yang menjadi penyebab kebakaran.

“Saat ini masih dalam proses penyelidikan oleh Polres Manggarai Barat bersama-sama PPNS Gakkum dan KLHK,” ungkap Budi.

Kebakaran yang terjadi di Gililawa Darat, Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak memakan korban habitat hewan di lokasi kejadian. Karena wilayah tersebut bukan merupakan habitat komodo, melainkan rusa, namun lebih dominan padang savana.

Kawasan Gililawa Darat merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

“Wisatawan nantinya akan kesulitan untuk mendapatkan spot foto dan treking. Disana pemandangannya bagus sekali karena itu spot favorit,” kata Budi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here