Bandara Sukabumi Akan Rampung Pada 2021-2022

0
54
Foto : Berita7.id

Jakarta. Namalonews.com – Dalam kunjungan kerjanya di daerah Sukabumi Jawa Barat, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kamis (2/8/2018), mengatakan bahwa rencana pembangunan bandara Sukabumi yang berlokasi di Kecamatan Cikembar akan rampung pada tahun 2021-2022.

Prosesnya masih menunggu pembebasan lahan oleh Pemprov Jabar.
Namun Budi sudah memproyeksi anggaran yang diperlukan untuk membangun bandara tersebut.

“Proyeksi anggaran kira-kira Rp 300 hingga Rp 400 miliar,” ucapnya.

Menurut Budi, Cikembar dipilih karena lokasi tersebut berada di tengah-tengah antara Kota Sukabumi dan pusat perkotaan Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu. Kehadiran bandara Sukabumi itu diharapkan akan mampu meningkatkan potensi pariwisata di Sukabumi.

Bandara di Sukabumi rencananya diperuntukan untuk penerbangan domestik. Sedangkan, Husein Sastanegara akan dikembalikan ke Angkatan Udara Indonesia (Auri). Sedangkan penerbangan Internasional melalui Bandara Kertajati.

Peruntukan tersebut nantinya akan dilaksanakan secara bertahap. Pertama, Bandara Husein Sastanegara turut menampung penerbangan domestik Jawa Barat untuk sementara, menunggu rampungnya tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung ke Kertajati.

Kemudian selanjutnya, penerbangan domestik sepenuhnya akan dialihkan ke Kertajati setelah tol Cisumdawu rampung. Terakhir, penerbangan domestik akan kembali dialihkan bila bandara di Sukabumi rampung dan Kertajati memprioritaskan penerbangan internasional.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here