Komunitas Relawan Sadar : Mobil Esemka Merupakan Bukti Kebohongan Jokowi

0
425

Jakarta, namalonews.com – Korsa (Komunitas Relawan Sadar) adalah komunitas yang terlibat dan mendukung pencalonan  Jokowi sebagai presiden pada pilpres 2014.  Namun, kini Korsa telah menarik dukungannya  untuk Jokowi. Penarikan dukungan itu dilakukan Korsa karena mereka  kecewa atas kebijakan Presiden Jokowi selama menjadi presiden.

Pernyataan Korsa  bahwa mobil Esemka merupakan bukti kebohongan Jokowi adalah tanggapan  atas pernyataan  Jokowi   pada acara yang digelar oleh Gaikindo.

Pada acara yang digelar oleh Gabungan Industri Kendaraan Motor Indonesia (Gaikindo), yakni Gaikindo   International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang, Banten, Presiden Jokowi turut hadir.  Dalam kesempatan tersebut Jokowi sempat menyinggung soal nasib mobil Esemka.

Esemka adalah produk mobil hasil rakitan siswa-siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) yang bekerja sama dengan institusi serta industri dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. Kandungan komponen lokal (dalam negeri) berkisar antara 20%-80%.

Mobil Esemka, sempat populer ketika Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo, Jawa Tengah, sejak 28 Juli 2005 sampai dengan 1 Oktober 2012. Bahkan, kendaraan dinasnya dipakai dari mobil itu.

Pada acara yang digelar oleh Gaikindo tersebut, Jokowi menyatakan bahwa pengembangan mobil Esemka masih dalam persiapan. Sebab, kata dia, semua unsur harus dipertimbangkan agar Esemka kelak bisa ‘berbicara’ di pasar industri otomotif.

“Nanti lagi. Ini kan persaingan semakin ketat, kompetisi semakin ketat.  Belum tentu semua mobil itu bagus di dalam desain dan harganya.  Kalau tidak kompetitif,  pasarnya juga akan sulit. Artinya, itu terserah industri sendiri, karena Esemka sekarang juga diambil alih industri,” kata Jokowi di lokasi GIIAS, Kamis (2/8/2018).

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa untuk masuk ke industri yang semakin ketat itu, setidaknya Esemka sudah harus memiliki pabrik sendiri.

Jika hal itu sudah tercapai (maksudnya Esemka sudah punya pabrik), tambah mantan gubernur DKI Jakarta itu,  ia menjamin pemerintah akan mendukung industri itu.

“Kalau Esemka pabriknya selesai dan bisa memproduksi, ya silakan. Karena memang kewajiban pemerintah untuk terus mendorong agar industri otomotif berkembang,” pungkasnya.

“Karena relawanlah saat itu yang mem-booming-kan dan menyosialisasikan tentang keberadaan mobil Esemka, sehingga 2014 Jokowi terpilih jadi presiden. Tetapi, sejak dilantik sebagai presiden sampai sekarang tidak ada kebijakan yang dilakukan untuk pembuatan mobil tersebut. Jelaslah bahwa Jokowi ini punya sifat pembohong yang besar,” papar koordinator, Amirullah Hidayat , kepada wartawan, Kamis (2/8/2018).

Lebih lanjut, Korsa meminta  Presiden Jokowi untuk berhenti melakukan kebohongan. Sebab, menurut Korsa, rakyat sudah muak dan bosan melihat kebohongan yang terus menerus dari Jokowi guna untuk pencitraan.

“Kita paham tentang kondisi mobil Esemka. Coba Jokowi tunjukkan mana kebijakan yang dikeluarkannya untuk memproses dengan melakukan kajian dan persiapan mobil itu. Rakyat tidak bodoh melihat itu,” jelas kader muda Muhammadiyah tersebut.

Lebih lanjut, Amirullah menyatakan bahwa sejak awal Jokowi berkuasa, relawan sudah minta pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang mobil nasional, terutama Esemka. Akan  tetapi, hal  itu tidak pernah dipenuhi.

Itulah sebabnya, Amirullah  memastikan bahwa banyak relawan yang meninggalkan barisan pendukung Jokowi. Kenapa?  Karena tidak ada satu janji Nawacita  pun yang dilaksanakan, termasuk berkaitan dengan mobil Esemka.

Penulis : Sulis Sutrisna

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here