Jokowi Tugaskan Menko Wiranto Tangani Pasca Gempa Lombok

0
129
during a ceremonial reception at the Presidential Palace in New Delhi on December 12, 2016. / AFP / MONEY SHARMA (Photo credit should read MONEY SHARMA/AFP/Getty Images)

Jakarta, namalonews.com – Di sela peninjauan atlet untuk Asian Games di TMII, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018)., Presiden Jokowi menugaskan Menko Polhukam Wiranto Berkoordinasi dengan jajaran terkait untuk menangani pasca gempa di Nusa Tenggara Barat akhir pekan lalu.

“Tadi malam saya perintahkan pada Menko Polhukam untuk mengkoordinasi seluruh jajaran terkait baik BNPB, Polri, Kemsos, lainnya agar penanganan masa gempa bisa dilakukan secepat-cepatnya dengan baik,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap penanganan untuk logistik pasca gempa menjadi salah satu prioritas. “Berupa evakuasi korban meninggal dunia atau luka-luka meski sudah ditangani, termasuk logistik,” katanya.

Gempa berkekuatan 7,0 SR di NTB yang terjadi hari Minggu (5/8) malam bisa juga dirasakan hingga Bali. Berdasarkan data terakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban jiwa akibat gempa di NTB berjumlah 82 orang.

Data sementara dari  82 korban tewas tersebut, 65 orang di antaranya berasal dari Lombok Utara. Sementara korban jiwa di Lombok Barat ada 9 orang, Lombok Tengah  2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan belasungkawa atas peristiwa gempa yang terjadi di NTB tersebut. “Saya atas nama pribadi dan masyarakat Indonesia ucapkan duka yang mendalam saudara kita di NTB yang meninggal dalam gempa sore kemarin,” ujar Presiden.

Gempa di NTB  ini sempat menimbulkan peringatan tsunami yang membuat masyarakat sedikit panik. Namun pada pukul 20.25 WIB, peringatan tsunami tersebut  akhirnya dicabut.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here