KPK Siap Terima Laporan LHKPN Capres dan Cawapres

0
105

Jakarta, namalonews.com – Cahya Hardianto Harefa  selaku Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK, mengatakan mulai hari  Sabtu (4/8/2018) KPK siap menerima La‎poran Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Cahya Hardianto Harefa  juga menambahkan “Berdasarkan Undang-Undang No 42 tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden salah satu syarat untuk mencalonkan sebagai presiden dan wakil presiden adalah tanda terima LHKPN.‎ Sehingga mulai hari ini 4 Agustus 2018 KPK siap menerima LHKPN capres dan cawapres.

KPK membuka pelaporan harta kekayaan atau LHKPN bagi bakal calon presiden dan wakil presiden dalam pilpres 2019 mulai hari ini, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Sesuai dengan pasal 5 huruf f Undang Undang Nomor 42 Tahun 2008, salah satu syarat yang harus dipenuhi pasangan capres yaitu melaporkan kekayaannya pada instansi yang berwenang.

“Instansi berwenang dalam hal ini KPK,” kata Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK Cahya Harefa di gedung KPK pada Jumat, 3 Agustus 2018.

Dia juga mengatakan jika pelaporan LHKPN oleh capres dan cawapres dikirim lewat media online melalui elhkpn.kpk.go.id.

Agar bisa melakukan pengisian LHKPN secara online pasangan capres dan cawapres atau timnya bisa menghubungi KPK di dalam memperoleh username dan password lewat Customer Service di gedung KPK.

Cahya juga menjelaskan jika dalam penerimaan LHKPN bakal capres dan cawapres, , akan dilakukan melalui sistem online atau daring

Selain itu, kata dia, lembaganya mencantumkan nomor Whatsapp yang bisa diakses jika terdapat pertanyaan atau hal lain yang ingin dikonsultasikan.

KPK pun mempersilahkan apabila  para bakal calon akan datang atau menyerahkan dokumen kelengkapan secara langsung. “KPK siap melayani capres-cawapres yang akan melapor ke KPK,” kata Cahya.

Dirinya menambahkan “Bisa melalui telepon 021-25578396 atau email infopemilu.lhkpn@kpk.go.id.

Setelah melaporkan LHKPN, cahya mengatakan, KPK akan melakukan verifikasi pada ketepatan pengisian dan kelengkapan dokumen pendukung berdasarkan dengan ketentuan yang berlaku di KPK.

Seusai verifikasi, KPK juga akan memberikan tanda terima LHKPK pada pasangan capres dan juga cawapres.

“Nantinya tanda terima itu mendapat kode QR untuk itentifikasi bahwa tanda terima itu memang diterbitkan oleh KPK,” tambahnya.

Dan sesudah mendaftar dia juga menjelaskan para bakal calon akan mendapat tanda terima yang terdapat kode QR. Kode tersebut berlaku sampai dengan hari terakhir masa perbaikan syarat calon. “Jadi KPK di dalam formatnya itu ada kode QR-nya yang membuktikan otentifikasi dari setiap tanda terima yang diterbitkan oleh KPK,” ujarnya.

Pendaftaran bakal capres dan cawapres untuk pilpres 2019 telah dibuka mulai hari ini sampai dengan 10 Agustus 2018. Lalu untuk pemeriksaan kesehatan pada 5-13 Agustus 2018.

Pada bulan Agustus tahun 2018 ini mulai tanggal 11-14  digunakan untuk verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan administratif bakal pasangan calon dan pemberitahuan tertulis hasilnya pada 15-17 Agustus 2018.

Kemudian melengkapi dan juga memperbaiki persyaratan administratif dilakukan pada 18 sampai 20 Agustus 2018. Terus untuk menyerahkan perbaikan maupun untuk melengkapi persyaratan administratif pada 20-22 Agustus 2018.

Sedangkan pada bulan Agustus 2018 dari tanggal  22 sampai 24  digunakan untuk verifikasi perbaikan atau melengkapi persyaratan administratif dan pemberitahuan hasilnya pada 25-27 Agustus 2018.

Untuk bulan September dari tanggal 11 sampai dengan14 tahun 2018 untuk verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan administratif. Lalu pada 15-19 September 2018 untuk pemberitahuan hasil verifikasinya.

Dijadwalkan pada 20 September 2018 untuk pengumuman pasangan calon peserta pemilu presiden-wapres,  dan untuk penetapan nomor urut pada 21 September 2018. (Dikutip dari berbagai sumber)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here