Tengah Dibangun Rutan Khusus Teroris di Cikeas

0
146
Foto : Merdeka.com

Jakarta, namalonews.com – Markas Besar Polisi  Republik Indonesia (Mabes Polri) saat ini tengah membangun rumah tahanan (rutan) khusus teroris di Pusat Latihan Multi Fungsi Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Demikian ungkap Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian di PTIK, Selasa (7/8/2018).

Pembangunan rutan di Cikeas dengan kapasitas 340 napi tersebut sudah disetujui oleh Presiden Jokowi dan Menkeu. Rutan yang diperuntukkan sebagai pengganti Rutan Mako Brimob yang dilanda kerusuhan pada Mei lalu tersebut dibangun mulai bulan ini dengan sistem kontainer.

Sebelumnya, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri telah berhasil menangkap lebih dari 200 terduga teroris pasca peristiwa bom di Surabaya, Jawa Timur, sampai menjelang Asian Games 2018 digelar.

Menurut Tito, untuk sementara ini tahanan teroris dititipkan di Rutan di Polda-polda, Polres-polres, dan Polsek-polsek sambil menunggu rutan di Cikeas jadi.

“Kita sudah berikan arahan agar mereka ditempatkan di ruang tersendiri dan dengan pengamanan lebih ketat,” kata Kapolri.

Polri memang punya pusat latihan di Cikeas, Bogor seluas hampir 50 hektar yang difungsikan sejak 2005 lalu. Di sana juga ada lapangan upacara dan taman makam bahagia bagi personel Polri dan keluarganya.

Secara administratif lokasi pusat latihan ini berada di Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 3 KM dari kediaman SBY di Puri Cikeas Indah.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here