Ilmuwan Australia Temukan Bahan Bakar Hidrogen dari Amonia

0
128
Foto : Australia Plus ABC

Jakarta, namalonews.com – Krisis energi yang akan datang pada saatnya nanti telah menggerakan ilmuwan dunia untuk menciptakan bahan bakar alternatif. Hasilnya, para peneliti Australia berhasil menciptakan bahan bakar hydrogen dari ammonia.

Dua mobil berbahan bakar hidrogen dari amonia berhasil diujicobakan di Brisbane hari Rabu (8/8/2018). Tes yang dilakukan peneliti CSIRO hari ini menggunakan mobil eco Nexo SUV dari Hyundai, dan mobil Toyota Murai.

Penggunaan hidrogen dari amonia sebagai bahan bakar kendaraan merupakan hasil kerja peneliti dari lembaga penelitian Australia CSIRO. Michael Dolan, seorang peneliti CSIRO mengatakan pihaknya sangat senang karena penelitian selama satu dekade ini akhirnya membuahkan hasil.

Selama satu dekade terakhir, peneliti berupaya memproduksi hidrogen kemurnian ultra-tinggi dengan menggunakan teknologi membran tersendiri.Terobosan teknologi ini memungkinkan hidrogen diangkut dengan aman dan digunakan sebagai sumber energi produksi massal.

Sementara itu, Dr David Harris yang memimpin program ini mengatakan Australia memang memiliki sumber energi terbarukan berupa sinar matahari dan angin yang dapat dimanfaatkan menghasilkan hidrogen.

Namun masalahnya, katanya, unsur ini sangat mudah terbakar sehingga sulit untuk dikirim jarak jauh karena kepadatannya yang rendah. Peneliti CSIRO akhirnya menemukan cara mengubah hidrogen buatan Australia menjadi amonia, yang dapat dikirim dengan aman ke Asia.

Amonia itu dapat diubah kembali menjadi hidrogen dengan menggunakan membran temuan mereka, dan selanjutnya bisa dijadikan bahan bakar untuk mobil bertenaga hidrogen.

Jepang, Korsel dan Eropa sejauh ini telah menyatakan ketertarikan pada terobosan CSIRO ini. Sampai saat ini hanya ada lima buah mobil seperti itu di Australia. Namun di Jepang, Korea Selatan dan Singapura, jumlahnya sudah puluhan ribu.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here