Satelit Merah Putih Seharga 2,4 Triliun Berhasil Diluncurkan

0
177
Foto : Flickr SpaceX

Jakarta, namalonews.com – Satelit Merah Putih milik Telkom berhasil diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat, Selasa (7/8/2018), pukul 12.18 waktu Indonesia bagian Barat (WIB). Dua menit setelah peluncuran, terjadi pemisahan pelindung roket dari panasnya atmosfer. Roket pendorong Falcon 9 Block 5 pun telah berhasil mendarat kembali ke bumi pada 8 menit 27 detik.

Satelit seharga 2, 4 triliun ini butuh waktu 11 hari untuk bisa sampai ke orbitnya dan diperkirakan satelit akan tiba di orbit pada 18 Agustus 2018. Satelit ini siap dioperasikan mulai 15 September 2018.

Satelit Merah Putih milik Telkom ini diklaim memiliki teknologi mutakhir dibandingkan para pendahulunya. Dalam operasionalnyab isa menjangkau jaringan telekomunikasi di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Dibandingkan satelit 3S yang hanya mampu mencakup kawasan Asia Tenggara,  Satelit Merah Putih bisa menyediakan jaringan komunikasi ke India, Pakistan, Bangladesh, Maladewa, Nepal, Sri Lanka, dan Bhutan.

Satelit ini didukung kapasitas 60 transponder aktif, 24 transponder C-Band dan 12 transponder extended C-band untuk menjangkau area Indonesia dan Asia Tenggara. Sementara 24 transponder C-Band lainnya akan menjangkau kawasan Asia Selatan.

Peluncuran satelit Merah Putih memakan biaya US$ 166 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun. Angka ini lebih rendah dibandingkan peluncuran Telkom 3S yang memakan biaya US$ 215 juta atau sekitar Rp 3,11 triliun.

Untuk biaya peluncuran, penggunaan Falcon 9 milik SpaceX menelan biaya Rp723,7 miliar (US$ 50 juta). Harga ini lebih murah sekitar Rp140 miliar dari biaya peluncuran dengan roket konvensional.

Pembangunan satelit Merah Putih sendiri telah dimulai 29 Februari 2018. Proyek satelit ini menggunakan jasa asuransi Jasindo lantaran membutuhkan dana yang tak sedikit.

Nama satelit ‘Merah Putih’ sendiri merupakan hasil sayembara dari PT Telkom ketika berencana untuk meluncurkan satelit yang awalnya bernama satelit Telkom 4.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here