Festival Gamelan Internasional 2018 Digelar di Solo

0
32
Foto : PinkKorset.com

Jakarta, namalonews.com – Kota Solo, Jawa Tengah ditetapkan sebagai tempat berlangsungnya ‘Internasional Gamelan Festival 2018’ yang digelar pada 9-13 Agustus 2018. Festival yang memilih tema ‘Homecoming’ atau ‘Pulang Kampung’ ini akan dibuka hari ini pada pukul 15.00 wib.

Sebanyak 73 kelompok gamelan dan komunitas akan memainkan gamelan bersama sejak pukul 15.00 WIB. Mereka akan memainkan gamelan di sepanjang jalan Slamet Riyadi hingga benteng Vastenburg.  Sementara itu, tiga maestro komposer, Rahayu Supanggah, Wayan Sudana dan Taufik Adam, juga akan memeriahkan konser upacara pembukaan tersebut.

Sebelumnya festival ini telah dilaksanakan di London lewat pementasan film bisu berjudul ‘Setan Jawa’ yang diiringi gamelan orchestra Rahayu Supanggah di London (2017).

Rencananya festival akan dimeriahkan sekurang-kurangnya 19 kelompok gamelan luar negeri dan 33 kelompok gamelan dalam negeri. Selain itu, belasan peneliti atau ahli gamelan, akan pulang kampung (home coming) ke Solo untuk tampil di IGF 2018 antara tanggal 9-16 Agustus 2018.

Garin Nugroho selaku Direktur Pelaksana mengatakan tema ‘homecoming’ tersebut sengaja dipilih untuk melihat kembali pusat peradaban gamelan. Produser dan sutradara kenamaan Indonesia ini juga mengatakan acara ini rencananya akan digelar setiap dua tahun sekali.

“Kami selaku panitia bertujuan untuk melihat kembali pusat peradaban gamelan dan sekaligus berbagai pengalaman dan tantangan baru peta peradaban gamelan,” papar pria 57 tahun tersebut.

Selain pertunjukan gamelan, festival internasional ini juga akan diramaikan dengan pameran tentang gamelan, konser gamelan situs-situs istana, konser gamelan rakyat, penerbitan buku tentang seluk beluk seni gamelan, dan seminar yang akan menghadirkan para ahli dan peneliti gamelan sebagai narasumber.

Nara sumber tersebut di antaranya Marc Perlman, Henry Spiller, Anderson Sutton, Marc Benamou, dan Benjamin Brinner.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here