Dipilih Jokowi Jadi Cawapres di Pilpres 2019, Berikut Kekayaan KH Ma’ruf Amin

0
106
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Joko Widodo pada akhirnya memutuskan untuk memilih Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin untuk dijadikan sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019 yang akan datang yang akan berpasangan dengan Jokowi.

Setelah mendapat persetujuan dari 9 partai politik koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi), maka keputusan dari Presiden RI Jokowi tersebut segera ditetapkan.

Pada tahun 2001, sebelum KH Ma’ruf Amin diangkat menjadi Ketua MUI, dirinya juga pernah menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Dan ketika itu, Ma’ruf Amin juga pernah memberikan informasi terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK.

Berdasarkan penelusuran , Kamis (9/8/2018), harta kekayaan Ma’ruf Amin Rp 427, 2 juta.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin memang diketahui melaporkan LHKPN / Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dan pada 10 Mei 2010 laporan tersebut terakhir diberikan.

Harta tidak bergerak yang dimiliki oleh Ma’ruf Amin diantaranya yaitu berupa tanah beserta bangunan yang berada di Jakarta Utara dengan nilai sebesar Rp 231 juta.

Sedangkan untuk harta bergerak yang dimilikinya berupa mobil merk Toyota Corolla serta Isuzu Panther, yaitu sebesar Rp 290 juta.

Tak hanya itu saja, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin juga memiliki giro dan setara kas lainnya senilai Rp 50 juta.

Saat itu, Ketua MUI itu juga diketahui memiliki utang yang jumlahnya sebesar Rp 134 juta.

Memang telah kita ketahui bersama, jika Presiden Jokowi pada akhirnya memutuskan untuk berpasangan dengan Ma’ruf Amin untuk dijadikan sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi di Pilpres 2019.

Putusan tersebut juga didukung oleh sembilan parpol koalisi pendukung Jokowi.

Pada saat di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat Kemarin, Jokowi mengungkapkan memutuskan serta sudah memperoleh persetujuan dari partai-partai koalisi yang mana telah bersedia untuk mendampingi Jokowi sebagai cawapres periode 2019-2024 yaitu Profesor Doktor Ma’ruf Amin.

Deklarasi ini juga untuk mengakhiri banyak kabar yang berkembang selama ini mengenai siapakah yang akan dipilih oleh Jokowi untuk dijadikan cawapres di Pilpres 2019 mendatang. Pilihan Jokowi pada akhirnya ditujukan pada Ketua MUI tersebut.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Profesor Doktor Ma’ruf Amin juga menyatakan bahwa dirinya akan siap mengemban amanah sebagai wapres jika terpilih.

Profesor Doktor Ma’ruf Amin  juga turut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi karena telah menghargai NU.

Majunya Profesor Doktor Ma’ruf Amin menjadi cawapres Jokowi telah mendapatkan kesepakatan oleh para ketum Koalisi Indonesia Kerja, yang terdiri atas sembilan parpol.

Menurut Joko Widodo, Profesor Doktor Ma’ruf Amin  merupakan seorang tokoh bangsa yang sudah berpengalaman dan pernah menduduki sejumlah posisi penting di lembaga negara, mulai DPR hingga menduduki Wantimpres.

Dari pengalaman yang dimilikinya itu, maka Jokowi akhirnya memutuskan untuk memilih berpasangan dengan Profesor Doktor Ma’ruf Amin yang juga sebagai Ketum MUI.

Pada tanggal 11 Maret 1943, Ma’ruf Amin dilahirkan di Tangerang, dan saat ini dirinya berusia 75 tahun.

Dirinya juga merupakan Rois Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Tak hanya itu, Ma’ruf Amin juga menjadi anggota di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Ma’ruf merupakan lulusan dari Pesantren Tebu Ireng, Jombang, dan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Sebelum Ma’ruf Amin menjabat menjadi Ketum MUI, Ma’ruf juga sempat membangun karier dari berbagai bidang, termasuk jalur politik. (Gus Anto/Viwi Yusya/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here