Jokowi – Ma’ruf Jalani Tes Kesehatan di RSPAD Gatot Subroto

0
166
Foto : Harian Nasional

Jakarta, namalonews.com – Pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin, menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Minggu (12/8/2018). Keduanya menjalani serangkaian tes kesehatan sebagai syarat maju sebagai capres dan cawapres di pilpres 2019.

Tes kesehatan itu meliputi tes mata, telinga, gigi, hingga organ dalam tubuh. Selain itu, juga ada pemeriksaan kejiwaan lewat psikotes serta bebas penyalahgunaan narkotika.

Kegiatan tes tersebut dilakukan oleh para dokter ahli dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan dokter RSPAD Gatot Subroto. Para dokter ini terdiri dari tim dokter spesialis, dokter spesialis gigi, dan tenaga kesehatan lainnya.

Usai menggelar rapat pleno pascapemeriksaan terhadap Jokowi dan Ma’ruf Amin selesai dilaksanakan, hasil tes sudah bisa diserahkan ke Komisi Pemiliham Umum (KPU). Selambat-lambatnya dua hari setelah pemeriksaan, yakni Selasa (14/8) tes tersebut sudah ada di tangan KPU.

Lolos atau tidaknya tes kesehatan para bakal calon presiden dan wakilnya sebagai salah satu syarat wajib mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden, sepenuhnya akan ditetapkan oleh KPU.

Seperti pasien lainnya, pasangan Jokowi –Ma’ruf ini juga menjalani puasa sebelum melakukan tes kesehatan. Puasa merupakan cara untuk mencegah makanan agar tidak menurunkan atau meningkatkan kadar zat-zat tertentu dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan akurasi tes kesehatan berkurang.

Puasa makan dan minum dilakukan selama 12 jam sebelum tes.Tes yang mewajibkan pasiennya berpuasa terlebih dahulu tersebut meliputi : tes gula darah, tes lemak, tes fungsi metabolic, dan tes gangguan fungsi ginjal.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here