Pasangan Jokowi-Ma’ruf Jalani Tes Kesehatan Minggu Pagi

0
182
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Pada hari Minggu, 12 Agustus 2018 pagi, pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dijadwalkan akan menjalani tes kesehatan. Sesuai dengan yang telah dijadwalkan, rencana tes kesehatan pasangan calon tersebut akan dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat mulai pukul 08.00 WIB.

Sebelumnya, pada hari Jumat, 10 Agustus 2018, Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa dirinya tidak memiliki persiapan khusus untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan tersebut. Tes kesehatan itu merupakan sebagian persyaratan pascapendaftaran sebagai calon presiden dan calon wakil presiden.

“Ga ada (persiapan khusus). Pokoknya apa adanya saja”, kata Ma’ruf ketika ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta.

Ma’ruf juga menjelaskan, tes kesehatan akan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Agustus 2018, yakni dua hari setelah pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden ditutup pada hari Jumat, 10 Agustus 2018 kemarin.

Dari pihak Komisi Pemilihan Umum atau KPU, sebelumya telah melakukan peninjauan lokasi pemeriksaan kesehatan bagi para calon di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Setelah selesai melakukan peninjauan, Arif Budiman selaku Ketua KPU menilai bahwa RSPAD Gatot Soebroto telah siap menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan bagi para calon yang telah mendaftarkan diri ke KPU.

Kesiapan perlengkapan pemeriksaan kesehatan di RSPAD yang ditinjau adalah dari kelengkapan alat serta gedung pelaksanaan pemeriksaan.

Sementara itu, Mayjen TNI Terawan Agus Putranto yang merupakan Kepala RSPAD Gatot Soebroto, menyebutkan bahwa pihaknya bersama dengan tim dan perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah selesai mempersiapkan alat, gedung, serta sumber daya manusia yang akan bertugas pada pemeriksaan nantinya.

Selain itu, pada pemeriksaan kesehatan kali ini, akan digunakan teknologi baru yang lebih mutakhir dan efektif dalam memeriksa kesehatan para calon. Tujuan penggunaan teknologi mutakhir ini adalah untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih akurat.

Cerita Ma’ruf Amin Dihubungi Romy dan Megawati Jelang Pengumuman Cawapres Joko Widodo

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga sempat menceritakan mengenai dirinya yang telah dihubungi oleh Megawati dan Romy sesaat sebelum pengumuman calon wakil presiden pendamping Joko Widodo.

“Jadi, memang bahkan ketika kemarin sore, saya biasa saja di MUI, ngurusin dana-dana untuk Lombok. Pak Romy nelpon saya. Mulai ada berita saya disuruh ke satu tempat”, terang Ma’ruf.

Ma’ruf juga mengaku heran dengan keputusan tersebut, pasalnya, jelang pengumuman waktu itu, partai koalisi Jokowi telah mengarah kepada nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yaitu Mahfud M. D.

Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa Ketua Umum PPP, Romy, mengatakan bahwa pihak koalisi Jokowi memiliki arah baru dalam Pemilihan Presiden 2019 nanti. Ma’ruf mengatakan, Romy menelpon dirinya pada pukul setengah lima sore. Sedangkan Megawati menelpon pada pukul 5 sore.

Ma’ruf juga mengaku bahwa sejak awal, dirinya tidak mengira akan menjadi calon wakil presiden pasangan Joko Widodo. Pasalnya terdapat 10 nama kandidat calon wakil presiden pendamping Joko Widodo, termasuk salah satunya adalah dirinya sendiri.

Ia mengaku bahwa namanya semakin kuat dipilih sebagai calon pendamping Joko Widodo dari suatu artikel yang membahas hal tersebut secara mendalam di sebuah media cetak. Ma’ruf Amin mengatakan bahwa dirinya merasa nyaman menjalankan tugasnya sebagai ulama. Akan tetapi, ketika dirinya dibutuhkan sebagai calon wakil presiden, maka dirinya akan siap. (Gus Anto/Viwi Yusya/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here