Rupiah Hari Ini Melorot ke Posisi Rp.14.602 per Dolar

0
176
Foto : Tribunnews.com

Jakarta, namalonews.com – Nilai tukar rupiah dibuka di posisi Rp14.439 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pasar spot hari ini, Senin (13/8). Namun kurang dari sejam dibuka, rupiah langsung anjlok ke Rp14.602 per dolar AS. Bersama rupiah, mayoritas mata uang negara di kawasan Asia lainnya pun turut melemah.

Seperti won Korea Selatan minus 0,22 persen, dolar Singapura minus ,019 persen, peso Filipina minus 0,13 persen, ringgit Malaysia minus 0,12 persen, dan baht Thailand minus 0,11 persen.  Hanya yen Jepang yang menguat 0,35 persen, sedangkan dolar Hong Kong stagnan.

Menanggapi kondisi rupiah tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan, banyak faktor yang mempengaruhi rupiah setiap harinya. Dari sisi global, rupiah ikut terimbas dengan krisis keuangan yang terjadi di Turki. Akibat krisis, mata uang Turki, Lira jatuh terhadap Dolar AS hingga 18%.

Sri Mulyani mengatakan, permasalahan di Turki tersebut tergolong cukup serius karena bersinggungan dengan faktor politik dan keamanan di Turki. Akibatnya, kondisi perekonomian Turki cukup tertekan.

“Adanya persoalan yang sangat serius dari mulai masalah currency-nya tapi juga kemudian pengaruhnya exposure kepada ekonomi domestik dan terutama dari dimensi politik dan security di sana,” katanya.

Dikutip dari Reuters, sejak awal tahun, kurs Lira telah terdepresiasi sekitar 40 persen terhadap dolar AS. Hal itu dipicu oleh kekhawatiran investor terhadap kondisi ekonomi Turki dan memburuknya hubungan Turki dengan AS.

Pada perdagangan Jumat (10/8) lalu, nilai tukar Lira merosot sekitar 18 persen menjadi 7,24 Lira per dolar AS, yang merupakan pelemahan harian terbesar sejak 2001.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here