Randy Martin Ditunjuk sebagai Duta Anti Rokok

0
197
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Oleh Kementerian Kesehatan, artis peran, Randy Martin ditunjuk sebagai Duta Anti rokok. Hal tersebut dicetuskan melalui program Young Health Programme, dan bekerja sama dengan Yayasan Plan International Indonesia dan AstraZeneca.

Dengan adanya penunjukkan dirinya sebagi Duta Anti rokok, Randy Martin menilainya sebagai sesuatu yang sangat berharga. Penunjukkan itu dianggapnya sebagai keberhasilan dalam menerapkan pola hidup yang sehat.

“Ini tuh, bagus buat diri aku. Dan memberi contoh untuk anak muda lainnya, bagaimana menyenangkannya menjalani hidup dengan sehat”, terang Randy Martin ketika dimintai keterangan usai jumpa pers di Plaza Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan, pada hari Selasa, 14 Agustus 2018 pagi.

Artis muda berusia 19 tahun ini memang layak menerima penghargaan sebagai Duta Anti rokok. Sebab, dirinya merupakan sosok yang memiliki banyak penggemar di kalangan muda, serta usianya yang juga masih muda, bisa menjadi kampanye yang efektif dalam menekan tingginya angka perokok di usia remaja, khususnya di Indonesia.

Godaan lingkungan untuk merokok, dijelaskan oleh Randy sendiri, sangatlah besar. Terlebih lagi dalam dunia hiburan yang ia geluti, cukup terbuka terhadap kebiasaan merokok. Bahkan, penyalahgunaan obat-obatan juga marak di dalam dunia hiburan tanah air.

Randy juga menjelaskan, bahwa untuk menerapkan pola hidup yang sehat, harus dijadikannya sebagai komitmen terlebih dahulu.

“Harus kuat dulu komitmennya, sadar, kalau sakit itu mahal. Dari situ saya bisa menahan diri untuk tidak merokok. Dan saya ingin mengajak teman-teman lainnya”, terang artis muda ini.

Ia juga memberikan masukan kepada pemerintah agar mengurangi iklan rokok yang ditampilkan di televisi, karena menurutnya memberikan dampak yang sangat besar.

“Sebaiknya, iklan rokok dikurangi. Terutama bagi pemerintah, karena dampaknya (iklan merokok) besar sekali”, tambah Randy.

Artis yang terangkat melalui dunia sinetron ini, turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada lembaga terkait, yang telah memilih dirinya sebagai Duta Anti rokok. Ia menjelaskan bahwa dengan adanya penunjukkan dirinya sebagai Duta Anti rokok, telah memotivasi dirinya sendiri untuk bisa mengajak pemuda Indonesia lainnya untuk berhenti merokok.

Sebelumnya, Randy mengaku telah diberikan tugas untuk menjalankan program-program kampanye mengenai pencegahan penyakit terhadap para pemuda, serta memberikan pengaruh kepada para pemuda untuk bisa menerapkan pola hidup yang sehat.

“Ya, betul. Yang paling dekat ya rokok, duta anti rokok. Yaa betul sih, memang aku kampanye dari yang paling deket dulu bagaimana mengedukasi orang-orang sekitar aku, sosial media juga. Mungkin teman-teman disana sadar, dan bisa berhenti merokok”, terang artis yang berpacaran dengan Cassandra Lee ini.

Randy juga mengaku terkejut telah ditunjuk memikul amanah tersebut karena ia menganggap, di luar sana masih banyak sosok atau public figure yang lebih baik dan siap dalam mengemban amanah tersebut.

Namun demikian, meskipun dirinya sempat merasa terbebani dengan penunjukkan itu, Randy Martin mengaku telah siap untuk menjalankan tugas yang diamanahkan kepadanya, yakni sebagai Duta Anti rokok.

“Akhirnya, aku pikul beban itu. Biar bisa jadi contoh, bagaimana pola hidup yang sehat”, terang Rendy lebih lanjut.

Randy Martin juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah, agar pemerintah bisa lebih tegas terhadap para produsen rokok. Salah satu bentuk ketegasan dari pemerintah misalnya adalah dengan memperketat regulasi atas peredaran rokok serta ruang bagi para perokok di berbagai tempat umum. (Gus Anto/Viwi Yusya/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here