Syafruddin Resmi Jadi Menteri PAN-RB

0
283
Foto : Celebes

Jakarta, namalonews.com – Wakapolri Komjen Syafruddin resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di Kabinet Kerja hingga tahun 2019. Ia menggantikan Asman Abnur yang sebelumnya menjabat posisi tersebut.

Pria yang sebelumnya menjabat Wakil Kapolri RI itu dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan sebagai MenPAN-RB di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Setelah itu Syafrudin pun menandatangani berita acara pelantikan dan pengangkatan sumpah jabatan sebagai MenPAN-RB bersama Presiden Jokowi. Syafruddin adalah satu-satunya jenderal polisi yang menjabat menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Jebolan Akademi Kepolisian 1985 itu memulai karier dengan pangkat letnan dua. Sejak saat itu, Syafruddin telah ditugaskan ke beberapa tempat terutama di seputar kawasan Polda Metro Jaya, Polda Riau, dan Polda Lampung.

Kariernya mulai bersinar ketika ia terpilih sebagai salah satu ajudan wakil presiden pada 2004. Syafruddin kala itu mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla hingga 2009. Mulai dari sanalah, pria kelahiran Makassar ini memperoleh pangkat Brigadir Jenderal.

Setelah itu pangkat Komisaris Jenderal diberikan kepada Syafruddin pada 9 September 2016. Ia menggantikan Komjen Pol (Purn) Budi Gunawan yang kini bertugas sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Selain itu Syafruddin juga tercatat sebagai pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) periode 2017-2022. Ia memegang posisi wakil ketua umum di organisasi tersebut.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here