Bukti-Bukti Cukup, Sidang Siti Aisyah Diteruskan

0
153
Foto : Kumparan

Jakarta, namalonews.com – Dalam persidangannya Hakim Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia, memutuskan sidang kasus pembunuhan Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, akan dilanjutkan. Putusan sela tersebut dibacakan Hakim Azmi, Kamis (16/8/2018).

Hakim Azmi Ariffin menilai bukti-bukti terhadap Siti Aisyah dan warga Vietnam, Doan Thi Huong, cukup kuat sehingga sidang akan berlanjut dengan pembelaan dan pemeriksaan saksi/bukti yang diajukan kedua kuasa hukum.

Hakim juga menyimpulkan bahwa aksi Siti dan Doan, sebagaimana tertangkap kamera CCTV di bandara, telah memadai untuk mencurigai bahwa keduanya punya niat membunuh cucu pendiri Korut itu.

Dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana dan tim pendamping pengacara dari Kemlu turut hadir dalam persidangan tersebut. Hakim dalam persidangan itu memutuskan untuk melanjutkan sidang karena ada cukup bukti.

Pemerintah Indonesia akan terus memberikan pendampingan dan pembelaan kepada Siti Aisyah,” kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu Lalu M Iqbal dalam keterangan tertulisnya.

Selanjutnya sidang pembelaan untuk Siti Aisyah akan berlangsung antara Oktober-November 2018. Pemerintah telah menunjuk pengacara dari Kantor Hukum Gooi & Azzura untuk memberikan pendampingan.

Siti dan seorang warga Vietnam, Doan Thi Huong, dituduh membunuh Kim Jong-nam dengan mengusapkan zat beracun VX pada wajah cucu pendiri Korea Utara itu saat dia menunggu pesawat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Februari 2017 lalu. Kedua perempuan itu mengira mereka sedang berada acara lucu-lucuan untuk siaran televisi.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here