Anies Baswedan Imbau Warga DKI Ramah Kepada Tamu Asian Games 2018

0
124
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta, memberikan himbauan kepada masyarakat, untuk menyambut para tamu yang datang dari berbagai penjuru dunia dalam gelaran ajang olahraga terbesar se-Asia, yakni Asian Games 2018 yang digelar mulai pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018.

Dalam pagelaran ajang olahraga terbesar ini, terdapat sejumlah 45 negara yang ikut berpartisipasi dengan membawa atlet dari masing-masing cabang olahraga yang akan saling berkompetisi.

“Saya harap, sambut para atlet, para official, para tamu dengan keramahan Indonesia. Sambut mereka dengan salam dan sapa”, harap Anies Baswedan ketika menyampaikan tanggapannya di Monas, Jakarta Pusat, pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018 pagi.

Anies juga menyampaikan bahwa dirinya berharap warga Jakarta dapat memberikan bantuan kepada para tamu dari luar negeri apabila kebingungan ketika berada di Ibu Kota atau meminta petunjuk. Hal tersebut, menurut Anies dilakukan agar keramahan masyarakat Indonesia bisa menjadi oleh-oleh ketika para tamu kembali ke negaranya masing-masing.

“Keramahannya (masyarakat Indonesia), biar menjadi ciri khas, dan selalu jadi cerita bagi mereka (tamu Asian Games) ketika kembali ke kampung halaman,” terang Gubernur Ibu Kota ini.

Pada pelaksanaan Asian Games 2018, Anies menjadi penerima obor pertama pada hari terakhir torch relay atau kirab obor. Pada hari Sabtu sekitar pukul 07.30 WIB, acara ini dimulai dari lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Obor Asian Games akan diberikan kepada Anies secara langsung oleh Ketua Deputi ll INASGOC, Francis Wanandi.

Obor Asian Games itu selanjutnya ia berikan kepada Prasetio Edi Marsudi yang merupakan Ketua DPRD DKI Jakarta ke Jalan M H Thamrin. Kemudian pada setiap jarak 500 meter, beberapa pelari akan menerima operan obor Asian Games untuk diestafetkan.

Rute kirab obor Asian Games selanjutnya yaitu Bundaran HI, Jalan Jenderal Sudirman, lalu berputar di Bundaran Senayan, Gatot Subroto, Jalan Palmerah Timur. Selanjutnya obor Asian dibawa lari dari Palmerah Timur ke Jalan Gelora, kemudian dibawa menuju  Jalan Gerbang Pemuda. Dari Jalan Gerbang Pemuda, selanjutnya berputar balik di bawah jembatan layang Gerbang Pemuda, sampai pada akhirnya masuk melalui Pintu 10 Gelora Bung Karno, Senayan.

Anies Baswedan juga menyampaikan bahwa dirinya berencana menonton beberapa cabang olahraga yang diperlombakan di Asian Games 2018. Berbagai perlombaan di ajang Asian Games ini akan diselengarakan pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 nanti di Jakarta. Anies menyampaikan bahwa akan menyempatkan agar memiliki waktu luang di tengah kesibukan kerjanya untuk menyaksikan beberapa perlombaan di antaranya sepak bola basket, balap sepeda, bulutangkis, dan olahraga air.

“Kalau waktunya longgar, saya akan nonton. Yang pasti, saya mau lihat sepak bola, balap sepeda, bulutangkis, kemudian berkuda, basket, dan olahraga air, renang dan jetsky”, terang Anies.

Pada ajang Asian Games tahun 2018 ini, Anies tidak hanya terlibat sebagai kepala daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan ajang olahraga bergengsi ini. Anies juga berkesempatan menyaksikan upacara pembukaan yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu pukul 19.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Ia juga menyampaikan akan mengajak anak-anaknya untuk menyaksikan pembukaan pagelaran ajang olahraga bergengsi se-Asia ini.

“Saya hadir, insyaallah. Keluarga terpisah karena pengaturan, semuanya hadir, saya juga ajak anak-anak untuk terlibat. Karena ketika Asian Games dulu, anak-anak saya belum lahir”, terang Anies. (Gus Anto/Viwi Yusya/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here