Berharap Bisa Lahiran Normal, Cherly Juno Operasi Caesar

0
534
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Mantan leader girlband Cherrybelle, yakni Cherly Juno, awalnya sempat berharap bahwa ia bisa melahirkan sang buah hati yang masih di dalam kandungan secara normal. Akan tetapi, harapan tersebut tidak dapat dilaluinya karena tuntutan kondisi tubuh Cherly, sehingga ia harus melaksanakan persalinan dengan cara operasi caesar.

Tindakan operasi caesar dipilih dan dilakukan oleh tim dokter persalinan Cherly karena terdapat masalah dalam proses pembukaan persalinannya, sehingga sang bayi tidak dapat turun ke vagina.

“Kepala bayi ga mau turun. Karena pembukaan sudah ga jalan, akhirnya memutuskan untuk caesar”, terang Cherly ketika jumpa pers di RSIA Bunda yang berada di Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018.

Sang buah hati yang telah berhasil dilahirkan ke dunia berjenis kelamin laki-laki. Cherly dan Arthur memberikan nama sang buah hati Ryu Alexander Panjaitan. Ryu Alexander dilahirkan dengan berat 3,79 kilogram dan panjang tubuh 49 cm pada tanggal 15 Agustus 2018.

Cherly juga menyampaikan bahwa sebenarnya proses pembukaan telah berjalan tiga hari sebelum proses operasi caesar dilakukan oleh tim dokter. Proses persalinan itu pun juga atas pemantauan tim dokter yang menangani cherly.

Salah satu dokter tim persalinan Cherly, dr. Caroline Hutomo menyampaikan bahwa pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu Cherly agar bisa melaksanakan persalinan dengan normal atau tanpa operasi caesar.

“Tapi, setelah kami (tim dokter) tunggu, meski kontraksi cukup bagus, sudah melewati garis batas persalinanan, sehingga harus dilakukan tindakan (operasi caesar)”, terang dr. Caronlie.

Akan tetapi, kondisi akhirnya menuntut tim dokter untuk melakukan tindakan operasi caesar.

“Jadi, saya kasih masukkan. Akhirnya, dari pada ada sesuatu yang mengancam baby, karena kepala ga mau turun. Jadi, akhirnya kami lakukan caesar setelah diusahakan untuk (persalinan) normal”, lanjut dr. Caroline.

Di samping itu, Cherly bersama sang suami, Arthur Chandra Hasudungan Panjaitan, sempat merasa panik ketika sang buah hati yang baru lahir menangis.

“Hari pertama, masih ada mama dan mertua saya. Kami ga panik, karena mereka bantu”, jelas Cherly dalam jumpa pers.

Ia menjelaskan bahwa karena tidak ada ibu dan mertuanya yang bisa membantu, ia dan suami merasa panik dan bingung untuk menghentikan tangisan Ryu Alexander.

“Hari kedua, mama dan mertua juga pulang. Kami berdua ada di ruangan. Pas anaknya nangis, kami berdua lihat-lihatan, bingung gimana ya (agar tangisan anak berhenti)”, imbuh Cherly.

Pada saat itu, Cherly mengatakan, dirinya telah mencoba memeriksa popok Ryu, apakah popoknya harus segera diganti. Akan tetapi, ternyata tidak ada masalah dari popok tersebut. Begitu pula ketika Ryu diberikan air susu ibu oleh Cherly, Ryu masih saja menangis dan membuat panik Cherly.

“Harus diapain ya? Akhrinya kami (Cherly dan Arthur) pencet bel, untuk panggil suster. Ternyata habis dikasih susu itu, anaknya harus digendong dulu, diajak jalan. Yah, banyak pelajaran yang baru, ga cuman baca artikel di Google saja”, kata Cherly.

Sebagai informasi, pasangan artis Cherly dan Arthur ini telah dianugerahi seorang bayi laki-laki yang merupakan putra pertama mereka. Pada hari Kamis, 16 Agustus 2018, kabar bahagia tersebut diungkapkan oleh Cherly melalui video yang diunggahnya melalui akun instagram pribadinya, @cherly7uno. Dalam video unggahan Cherly tersebut, nampak Ryu Alexander yang saat itu belum diberikan nama nampak berada di dalam inkubator. (Gus Anto/Viwi Yusya/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here