Defia Raih Emas Pertama di Gelaran Asian Games 2018

0
249
Foto : Alagraph.com

Jakarta, namalonews.com – Defia Rosmaniar menjadi atlet pertama yang meraih medali emas di gelaran Asian Games 2018. Atlet taekwondo ini keluar sebagai juara setelah mengalahkan wakil Iran, Marjan Salahshouri di babak final nomor tunggal putri poomsai yang berlangsung di Plenary Hall JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (19/8/2018).

Defia menang dengan poin 8.690, sedangkan wakil Iran Marjan meraih medali perak dengan skor 8.470. Sementara, medali perunggu diraih oleh Yap Khim Wen dari Malaysia dan wakil Korea Yun Jihye.

Atas prestasinya yang mendapatkan medali emas Asian Games 2018 ini, Defia Rosmaniar akan diganjar bonus sebesar Rp 1,5 miliar. Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengapresiasi Defia Rosmaniar dan telah menyiapkan bonus tersebut.

Raihan emas ini merupakan prestasi ketiga yang diraih Defia di tahun ini. Sebelumnya, atlet asal Bogor, Jawa Barat itu juga meraih juara di kejuaraan Asia Taekwondo pada bulan Mei lalu di Vietnam dan Korea Open.

Defia pertama kali terjun menjadi atlet taekwondo saat masih sekolah SMP. Berkat kerja kerasnya, mahasiswa Univesitas Negeri Jakarta itu mulai menunjukkan bakatnya dan akhirnya masuk ke pelatnas.

Ketika menjalani pemusatan latihan di Korea untuk persiapan Asian Games 2018, atlet berhijab itu bahkan harus kehilangan sang ayah karena meninggal dunia. Defia mencoba tetap tegar atas musibah yang menimpanya dan juga tetap fokus berlatih.

Untuk sementara, di gelaran Asian Games 2018 ini Indonesia sudah mendapatkan dua medali. Pertama medali emas didapatkan dari sabang olahraga taekwondo dan medali perak dari wushu.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here