Gaya Penampilan Ala Gibran di Upacara HUT RI ke-73 di Istana Merdeka

0
448
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Jumat, 17 Agustus 2018 ini merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang 73 tahun. Pada kesempatan ini, tepatnya di istana Negara seperti pada biasanya mengadakan prosesi upacara pengibaran bendera dengan Inspektur upacara yakni Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Ada sejumlah sembilan kuda yang siap membawa kereta kencana dari arah Monas menuju Istana Merdeka untuk melakukan prosesi Hari Kemerdekaan. Pasalnya yang digunakan ini adalah kereta kencana Ki Jagaraksa yang berasal dari Purwakarta, dirakit pada tahun 2009 lalu.

Apabila diperhitungkan, maka tahun ini merupakan tahun ketiga dimana kereta kencana tersebut yang digunakan untuk prosesi upacara kemerdekaan di Istana Negara Indonesia. Kemudian, ada dari anggota TNI yang antusias dalam upacara dengan memakai 34 busana adat di Hari Kemerdekaan.

Seperi pada biasanya, Prosesi pengibaran bendera merah putih selalu dibuka dengan paduan suara Gita Bahana Nusantara. Kemudian baru dilanjutkan dengan kedatangan dari putra pertama Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming Raka bersama dengan anak laki-lakinya, Jan Ethes.

Busana yang dikenakan dari keduanya yakni dengan jas Jawa berwarna hitam tanpa topi. Sedangkan menantu Joko Widodo, Selvi Ananda terlihat cantik dan anggun dengan mengenakan kebaya lengan panjang berwarna merah muda yang dipadukan dengan kain berwarna yang senada.

Bukan hanya dari anggota TNI dan Gibran yang tampak berpenampilan dengan busana adat. Dari pihak kepala kepolisian, Tito Karnavian juga hadir bersama sang istri dengan menggunakan baju adat dari Kalimantan.

Pembawaan naskah proklamasi ke Monumen Nasional ini dengan menggunakan kereta kencana menuju ke Istana Negara. Sedangkan di dalam Istana Negara sendiri ada sebuah pertunjukan marching band dari PT. KAI yang sedang berlangsung dengan meriahnya.

Di Istana Merdeka ada sekitar 6.250 tamu undangan yang hadir dan ikut melaksanakan upacara kemerdekaan ini.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmuddin menyatakan bahwa “Sebanyak 35 persen dari pejabat negara (termasuk lembaga negara, TNI, Polri) dan duta besar negara sahabat dan 65 persen masyarakat,” katanya menerangkan.

Sebelum upacara dimulai, para tamu undangan ini disuguhkan dengan berbagai sajian menarik seperti tarian kolosal dan atraksi permainan angklung. Hal ini semakin menambah meriah Istana kemerdekaan di hari yang luar biasa ini.

Pelaksanaan upacara diawali seperti biasanya yakni dengan kirab pembawa Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas menuju ke Istana Merdeka. Kemudian ketika sudah ditandai dengan 17 kali tembakan meriam dan sirine barulah upacara detik-detik proklamasi ini bisa dimulai.

Kemudian, upacara bisa dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua DPR RI. Sedangkan untuk pengibaran bendera pusaka ini dilaksanakan dari petugas yang sudah ditunjuk sebelumnya, Tim Nusa. Tim inilah yang sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Jokowi pada hari Rabu (15/8) di Istana Negara.

Selain itu, pastinya selalu ada aksi pesawat tempur F16 dan Sukhoi yang melakukan fly pass di langit Istana Merdeka. Pada saat inilah yang semakin memperlihatkan bahwa negara Indonesia harus bisa lebih maju lagi.

Ada sejumlah pejabat negara yang ikut hadir untuk memperingati HUT ke 73 RI diantaranya yakni dari Ryamizard Ryacudu selaku Menteri Pertahanan, Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet, Muhadjir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Bambang Soesatyo selaku Ketua DPR RI. Selain itu ada juga Wakil Presiden ke 6 Try Sutrisno, Hadi Tjahjanto selaku Panglima TNI, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. (Gus Anto/Viwi Yusya/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here