Bocoran Timses Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga

0
311
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Kedua pihak pasangan calon presiden dan cawapres Pilpres 2019 sedang mempersiapkan tim suksesnya. Tokoh ulama sampai mantan menteri disebut-sebut akan bakal mengisi formasi timses mereka.

Untuk pihak pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin, ada tiga nama kandidat Ketua Timses. Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Rommy) menyampaikan bahwa semua calon dari Ketua Timses berusia di atas 60 tahun.

“Mereka tokoh atau warga negara senior, senior citizen yang kami yakin di antara mereka satu sama lain kalau dipilih, insyaallah akan senang,” ujar Rommy saat berada di Gedung Juang, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/8/2018).

Ketum PPP Rommy mengatakan bahwa nama-nama tersebut telah memiliki pengalaman mengelola organisasi. Dirinya yakin kemampuan mereka bertiga begitu mumpuni. Rommy menyampaikan ketiga tokoh tersebut akan segera dipanggil oleh Jokowi dalam waktu dekat.

Ketum PPP Rommy juga sempat menyebut, Ketua Timses ini mempunyai inisial nama M. Inisial M juga pernah membuat orang menebak-nebak ketika Jokowi hendak mengumumkan cawapresnya, serta ternyata Ma’ruf Amin ialah cawapres berinisial M itu. Saat ini ada lagi inisial nama M yang akan menjadi Ketua Timses Jokowi.

Mengenai hal ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sempat mengatakan akan mendukung jika Mahfud Md, sosok yang dulunya pernah digadang menjadi cawapres Jokowi, menjadi Ketua Timses Jokowi-Ma’ruf. Hal ini semacam bentuk penghormatan untuk Mahfud.

Perlu diketahui, unsur ulama juga dirangkul masuk ke tim sukses. Sepekan lalu, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding menyampaikan pihaknya akan membawa usulan tersebut.

Yang sudah dipastikan oleh pihak Jokowi, posisi Wakil Ketua Timses Jokowi-Ma’ruf salah satunya diisi Sekjen Partai Golkar Loedwijk Freidrich Paulus, posisi Sekretaris diisi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, serta posisi bendahara diisi oleh politisi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pihak Prabowo-Sandiaga

Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga sudah menyiapkan struktur timsesnya. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo, pada Selasa (14/8) telah menjelaskan struktur timses yang terdiri dari dewan pembina, dewan pengarah, ketua umum, sampai terus berurutan hingga level terbawah.

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Djoko Santoso, menyampaikan bahwa Tim Sukses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ramping atau tidak akan terlalu gemuk oleh banyak nama.

Ada tiga nama mantan menteri Jokowi yang dibawa masuk ke timses. Mereka ialah mantan Menteri ESDM Sudirman Said, mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, serta mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Sempat beredar kabar, walau belakangan ditepis, nama-nama yang menjadi juru kampanye nasional. Di dalamnya terdapat nama Ustaz Arifin Ilham, Aa Gym, Bachtiar Nasir, Ustaz Abdul Somad, Anies Baswedan, Neno Warisman, dan sejumlah nama lainnya sampai berjumlah 107 nama.

Diwawancarai secara terpisah, Sandiaga Uno mengatakan itu adalah susunan nama-nama yang tak resmi. Juru kampanye nasional masih dalam tahap penggodokan.

Soal sosok yang akan mengisi Ketua Timses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, sempat terdengar kabar sosok itu ialah Djoko Santoso. Politikus senior PKS Hidayat Nur Wahid setuju, Partai Demokrat melalui Wakil Ketua Umum Andi Arief juga mengatakan setuju. Bahkan Djoko Santoso itu sendiri menyatakan kesiapannya.

Namun sang cawapres, Sandiaga Uno, mengatakan Djoko Santoso belum pasti menjadi Ketua Timses. Memang nama Djoko Santoso ialah hasil usulan Prabowo Subianto. Akan tetapi, tentu semua parpol perlu merespons secara lengkap usulan tersebut sebelum kepastian dihasilkan. (Gus Anto/Viwi Yusya/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here