Tiara Andini Meraih Emas Ketiga untuk Indonesia di Asian Games 2018

0
274
Foto : Instagram

Jakarta, namalonews.com – Atlet balap sepeda gunung downhill putri, Tiara Andini Prastika, menyumbang medali emas ketiga bagi kontingen Indonesia pada Asian Games 2018, Senin (20/08/2018).

Tiara mengalahkan Vipavee Deekaballes dan atlet nasional lain, Nining Porwaningsih. Tiara mencatatkan waktu 2 menit, 33, 056 detik.

Sementara Deekaballes yang finish di posisi kedua berselisih 9,589 detik dengan Tiara. Medali perunggu juga diraih Nining Porwaningsih dari Indonesia dengan catatan waktu berselisih 9,608 detik.

Munculnya Tiara sebagai peraih medali emas Asian Games 2018 sebenarnya bukanlah kejutan. Pasalnya, atlet berusia 22 tahun itu menempati posisi ke-16 dunia saat ini.

Keberhasilan Tiara asal Semarang, Jawa Tengah, itu berliku. Beberapa bulan jelang Asian Games 2018 ia sempat cedera telunjuk tangan kanan.

Ia sempat menepi tidak ikut pelatnas downhill di Melbourne, Australia, sebelum akhirnya turun dalam ajang pemanasan Kejuaraan Asia MTB 2018 di Danao Cebu, Filipina, pada bulan Mei silam. Di ajang itu ia menduduki posisi tiga besar.

Saat itu membukukan catatan waktu tiga menit 51,700 detik untuk menempuh jarak 1.740 meter. Apa yang diraih oleh sang pembalap terhitung luar biasa mengingat ia baru kembali setelah absen selama lima bulan.

“Saya tadi nekat saja. Jika dalam kondisi normal saya kira hasilnya tidak seperti ini. kondisi saya memang belum maksimal apalagi baru satu pekan saya full latihan,” kata Tiara seusai balapan saat itu.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here