Akun Twitter Resmi Cak Imin Diblokir

0
173
Foto : Kumparan

Jakarta, namalonews.com – Akun Twitter resmi milik Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar @cakiminNOW mendadak dibekukan, Rabu (22/8/2018). Pihak Twitter sendiri tidak menjelaskan secara rinci alasan di balik blokir akun Muhaimin tersebut.

Sebenarnya Cak Imin telah mengajukan permohonan kepada Twitter supaya akun @cakiminNOW dibuka kembali. Hal ini diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan.

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini juga mengaku DPP telah mengajukan protes terhadap Twitter terkait pembekuan akun @cakiminNOW. Pasalnya, selama ini tidak ada hal yang dilanggar oleh Cak Imin dalam mengunggah atau memberikan komentar di Twitter.

Sementara itu, Twitter Indonesia berbagi informasi penyebab pemblokiran akun seseorang. Setidaknya ada 3 alasan umum yang menyebabkan sebuah akun ditangguhkan.

Pertama adalah karena spam. Sebagian besar akun yang ditangguhkan oleh Twitter dikarenakan bersifat spam, atau jelas-jelas palsu, dan menimbulkan risiko keamanan untuk Twitter dan semua pengguna.

Kemudian alasan kedua adalah soal keamanan akun yang terancam. Jika Twitter mencurigai sebuah akun telah diretas atau disalahgunakan, Twitter dapat menangguhkannya sampai akun tersebut dapat diamankan dan dipulihkan ke pemilik akun untuk mengurangi kemungkinan aktivitas jahat yang disebabkan penyalahgunaan.

Sedangkan alasan ketiga adalah tweet atau perilaku penyalahgunaan: Twitter dapat menangguhkan akun jika akun tersebut telah dilaporkan melanggar peraturan seputar penyalahgunaan.

Ketika sebuah akun terlibat dalam perilaku penyalahgunaan, seperti mengirimkan ancaman kepada pengguna lain atau menirukan akun lain, Twitter dapat menangguhkan akun tersebut sementara atau, dalam kasus tertentu, secara permanen.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here