Ogah Masuk, Sri Mulyani Dicoret Sebagai Timses Jokowi. Kenapa?

0
158
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin telah membentuk tim sukses (timses) pemenangan pilpres 2019. Timses Jokowi itu diberi nama  Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK).

Sejumlah nama dari koalisi partai pendukung capres Jokowi-Ma’ruf Amin masuk dalam TKN KIK. Namun demikian, TKN KIK tidak jadi memasukkan nama Sri Mulyani Indrawati, menteri Keuangan Kabinet Kerja sebagai bagian dari capres–cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin.

Kenapa menteri yang mendapat penghargaan dunia sebagai menteri terbaik itu tidak masuk timses Jokowi? Karena Presiden Jokowi lebih suka Sri Mulyani fokus pada tugas di kementerian keuangan.

Menurut Wakil Sekretaris TKN KIK, Verry Surya Hendrawan, tenaga dan konsentrasi Sri sangat dibutuhkan oleh negara sehingga tidak diikutkan dalam timses.

“Presiden Jokowi sebagai kepala negara tetap mengutamakan dan mengedepankan kepentingan nasional,”  jelas Verry.

Verry melanjutkan bahwa Presiden Jokowi menginginkan Sri Mulyani lebih fokus untuk menjalankan tugas sebagai menteri keuangan. Agenda keuangan Indonesia, lanjut Verry,  merupakan prioritas Jokowi.

“Seperti yang disampaikan kemarin, Senin saat di KPU, TKN KIK masih dapat mengalami perubahan, hingga sebelum H-1 kampanye dimulai,” tambah Verry.

Sebagaimana diketahui bahwa pada mulanya, Sri Mulyani diberi posisi sebagai anggota Dewan Pengarah dalam tim kampanye Jokowi-Ma’ruf.

Sementara itu, menurut Sri Mulyani sendiri, ia menyatakan bahwa dirinya akan lebih fokus mengelola keuangan negara.

“Saya selama ini kan sudah menyampaikan bahwa saya fokus untuk mengelola keuangan negara. Dan situasi membutuhkan perhatian,” ucap Ani di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Kalau sebelumnya Sri Mulyani sudah menyatakan ketidakmauannya untuk menjadi timses Jokowi-Ma’ruf Amin, kenapa akhirnya ia dicantumkan sebagai anggota dewan pengarah?

Maka, masyarakat bertanya-tanya hal seperti itu bisa terjadi. Apakah tidak ada komunikasi sebelumnya antara Sri Mulyani dengan penyusun TKN Jokowi – Ma’ruf? Tokoh yang beken dengan inisial SMI itu berkelit.

“Pokoknya saya mengatakan saya fokus di APBN dan itu sesuai dengan (perintah) presiden,” ucapnya tersenyum.

Memang, kondisi keuangan negara kita saat ini perlu penanganan secara serius dan perlu kerja ekstr akeras karena secara umum kondisi ekonomi Indonesia sedang mengalami perlambatan.

Penulis : Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here