Lomba-lomba 17 Agustus-an Ini Paling Populer Tahun 2018

0
117
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Setelah sekian lama dijajah akhirnya bangsa Indonesia dapat merdeka pada 17 Agustus 1945 silam. Perjuangan para pahlawan saat itu sunguh sangatlah berani, melawan penjajah hanya dengan tangan kosong jika ada senjata pun mereka hanya mempunyai bambu runcing, tombak dan sejenisnya yang amat tidak sebanding dengan para penjajah yang menggunakan senapan, teng, dan senjata api lainnya.

Tepat pada hari Jum’at, 17 Agustus 2018 Indonesia genap berusia 73 tahun. Tema Kemerdekaan kali ini adalah “Kerja Kita Prestasi Bangsa”. Seperti biasa di hari kemerdekaan rakyat Indonesia ikut merayakannya dengan mengadakan berbagai perlombaan diantaranya adalah lomba panjat pinang, kelereng, bendera, balap karung, makan kerupuk, dan lain sebagainya. Namun ada yang berbeda pada perlombaan kali ini.

Berikut adalah lomba-lomba yang paling popular tahun ini.

  1. Lomba Ulet Keket

Lomba Ulet Keket sebenarnya adalah kreasi dari lomba balap karung. Seperti lomba balap karung, lomba ulet keket ini tentunya menggunakan karung ghoni. Perbedaannya yaitu terletak pada helm yang dipakai oleh peserta dan cara bermain. Cara bermain lomba ulet keket ialah dengan masuk ke dalam karung yang kemudian dijepit pada bagian belakang setinggi leher. Kemudian peserta lomba dipakaikan helm dan lompat ataupun berjalan dengan posisi jongkok menuju garis finish. Dinamakan ulet keket karena pada saat berjalan maupun lompat para peserta kerap berjatuhan dan sulit untuk bangun seperti ulat yang bergeliat-geliut. Akibatnya semua penonton yang menyaksikan lomba ini tertawa tanpa henti. Peserta lomba ini biasanya terdiri dari anak-anak.

  1. Lomba Makan Kerupuk

Dari tahun ke tahun lomba ini selalu hadir pada acara 17 Agustus-an. Akan tetapi ada yang sedikit berbeda pada tahun ini. Di tahun ini lomba makan kerupuk yang biasanya hanya dilakukan dengan cara kerupuk yang diikat dengan tali dan tangan yang tidak boleh membantu mengambil kerupuk, pada tahun ini ditambah dengan 1 kaki dari masing-masing peserta yang diikat ke tali yang menghubungkan kerupuk. Sehingga peserta lebih kesulitan lagi meraih kerupuk karena harus memakan kerupuk sambil mengangkat kaki. Permainan ini cukup membutuhkan konsentrasi, tenaga dan juga kesimbangan tentunya.

  1. Lomba Tarik Tambang

Lomba ini pastinya sudah sering kita jumpai. Namun pada tahun ini 17 Agustus berdekatan dengan pemilihan presiden. Inilah pencetus ide dari lomba tarik tambang pada tahun ini. Tali yang digunakan untuk lomba memang tidak berbeda, yang membuat berbeda adalah topeng bergambar presiden dan wakil presiden serta calon presiden dan wakil presiden yang digunakan oleh para pemain. Tidak seperti topeng presiden yang dikenakan (sosok orang dewasa), peserta lomba ini justru terdiri dari remaja dan anak-anak. Dari lomba ini tercerminkan bahwa masyarakat sangatlah antusias menyambut pilpres tahun 2019 mendatang.

Itulah ketiga lomba 17 Agustus-an yang paling populer pada tahun ini. Selain lomba-lomba unik yang populer tersebut, arena perlombaan 17 Agustus-an juga dirias dengan pernak-pernik bertemakan Asian Games. Hal itu dikarenakan pada tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games. Opening Ceremony Asian Games dilaksanakan tepat sehari setelah hari kemerdekaan Indonesia. Semua lomba tentu sama-sama mempunyai tujuan yang baik yaitu untuk mengingatkan kita atas jasa-jasa pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia. Untuk para generasi penerus bangsa teruslah berprestasi untuk Indonesia tercinta. Salam Merdeka.

Sayyidah Ummu Syahidah (Mahasiswi STEI SEBI) adalah peserta lomba menulis berita ala namalonews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here