Janji Deddy Corbuzier Pada Reza Mangar, Pemanjat Tiang Bendera yang Nasibnya Lain dengan Joni

0
742
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Upacara kemerdekaan Indonesia ke-73 yang telah dirayakan tahun 2018 ini ternyata banyak menyisakan cerita yang dinilai unik dan juga menginspirasi banyak orang.

Salah satu kisah yang akhir-akhir ini sedang viral di media sosial yaitu sebuah kisah aksi heroik Yohanes Ande Kala Marcal yang akrab dipanggil Joni yang memberanikan diri dan nekat memanjat tiang bendera pada saat upacara perayaan hari kemerdekaan sedang dijalankan.

Joni saat itu melakukan tindakan tersebut untuk mengaitkan tali yang putus saat berjalannya upacara.

Akan tetapi, jauh sebelum Joni, ternyata juga ada bocah lain yang pernah melakukan hal yang serupa saat upacara.

Lain halnya dengan Joni, kisahnya tak mendapat banyak perhatian dari masyarakat dan juga pemerintah.

Bocah yang menaiki tiang bendera untuk menyelamatkan tali yang terputus tersebut diketahui bernama Resa Mangar.

Reza Mangar ini adalah seorang bocah yang berasal dari kampung wilayah perbatasan NKRI, di Kota Dobo. Reza juga telah berhasil menyelamatkan upacara HUT ke-14 Kabupaten Kepulauan Aru.

Upacara tersebut diadakan pada hari Senin 18 Desember 2017 di Lapangan Yos Sudarso, Kota Dobo, ibukota kabupaten tersebut.

Namun, lain dengan nasib dengan Joni, Reza hanya mendapat jabat tangan dari pemerintah setempat.

Reza Mangar bahkan juga mendapat bantuan biaya, padahal ia sudah lama putus sekolah. Jika Joni memang diketahui telah mendapat banyak apresiasi, Reza seharusnya juga mendapat perlakuan yang sama seperti Joni.

Akan tetapi, saat ini Reza telah memperoleh hadiah dari PLN Rayon Dobo dan juga dari Panglima TNI. Ia juga berhak memperoleh bantuan beasiswa sekolah sampai dengan jenjang Strata 1.

Nah, kabar tentang Reza ini pada akhirnya juga bisa terdengar oleh Deddy Corbuzier.

Pada akhirnya, Deddy mengundang Reza ke acara talkshow Hitam Putih Edisi 23 Agustus 2018.

Pada acara hitam putih tersebut, Reza Mangar mengatakan kalau tepat pada HUT ke-14 Kabupaten Kepulauan Aru, dan ia juga tidak sedang ikut dalam pelaksanaan upacara bendera tersebut.

Reza juga mengaku bahwa saat itu dirinya sedang bermain sepeda dan tak sengaja melihat tali bendera yang putus.

Dan dengan cara spontan ia pun memberanikan diri untuk memanjat tiang bendera untuk memperbaiki talinya.

Pada waktu dirinya ditanya Deddy Corbuzier, apa alasannya nekat memanjat tiang bendera, Reza pun menjawab, “demi menyelamatkan bendera sang merah putih.”

Dan saat itu juga, seisi studio semuanya bertepuk tangan ketika mendengar jawaban bocah yang telah menyelamatkan tali bendera yang terputus itu. Reza pun juga mengatakan bahwa tidak ada yang menyuruhnya naik.

Akan teapi, dirinya juga sempat meminta izin pada pihak yang bersangkutan sebelum memutuskan untuk memanjat tiang bendera.

Deddy yang sebelumnya merasa penasaran pun bertanya apakah Reza tidak takut memanjat tiang yang cukup tinggi itu.

Reza Mangar pun juga mengakui kalau ia selama ini putus sekolah lantaran tak ada biaya.

Menurut paman Reza, Reza telah putus sekolah sejak kelas 4 SD. Sedangkan ibunya juga sudah lama meninggal, dan ayahnya pergi entah ke mana belum diketahui hingga sekarang ini.

Sehari-hari, Reza bekerja nelayan mencari ikan dan memanjat pohon kelapa untuk mencari buah kelapa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Setelah kisah Reza mangar ini tersorot media, pada akhirnya bantuan pun berdatangan padanya.

Bahkan di sisi lain ada pula pihak yang menyatakan jika dirinya bersedia menjadikan Reza sebagai anak asuhnya. (Gus Anto/Viwi Yusya/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here