Pencak Silat Berhasil Merebut Tiga Medali Emas untuk Indonesia di Asian Games 2018

0
563
Foto : edit

Jakarta, namalonews.com – Cabang Olahraga Pencak Silat sukses merebut 3 medali emas dari nomor kelas seni ganda putra, tunggal putri, dan beregu putra dalam pertandingan yang berlangsung di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (27/8/2018).

Puspa Arumsari meraih emas pertama pada cabang Pencak Silat nomor seni tunggal putri Asian Games 2018, Senin (27/8/2018) pagi WIB.

Puspa Arumsari menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan nilai 467. Medali perak menjadi milik pesilat putri Singapura dengan poin 445, sedangkan perunggu diraih pesilat Filipina, Cherry May Regalado dengan 444 poin.

Dengan pencapaian ini, Puspa meraih emas pertama buat Indonesia di cabang Pencak Silat Asian Games. Dalam pesta olahraga multicabang se-Asian tersebut, cabang Pencak Silat memang baru resmi dipertandingkan di Asian Games 2018.

“Luar biasa menyenangkan,” kata Puspa.

“Ini emas pertama untuk silat di Asian Games. Ini juga jadi kado untuk beberapa pelatih yang belum lama ini berulang tahun. Ini aku persembahkan untuk kalian semua,” ucapnya.

Secara pribadi, Puspa sebetulnya belum mencapai target yang diinginkan. Dia sejatinya memasang target skor 468.

“Kalau target pribadi sebetulnya belum puas. Targetnya itu 468, tapi dengan hasil 467 sudah sangat memuaskan,” tambahnya.

Yola dan Hendy meraih medali emas kedua Pencak Silat, setelah mencatatkan skor akhir 580 di kelas seni ganda putra, Senin (27/08/2018). Mereka mengalahkan pesilat asal Filipina Alfau – Almohaidib (545), Adisak – Beela asal Thailand (560), dan Shakir – Hamillatu asal Singapura (550).

Merasa begitu bersyukur dengan keberhasilan yang diraih, Yola Primadona mendedikasikan medali emas Asian Games 2018 yang diraihnya untuk korban gempa bumi di Lombok.

“Kami berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Medali emas ini kami persembahkan untuk warga Lombok, karena mereka layak untuk ikut merayakan pesta olahraga Asia yang tengah digelar di Indonesia ini,” ujarnya.

Sementara itu, pasangan Yola, Hendy, tak banyak berkomentar. Ia hanya mengaku sangat puas dengan hasil yang telah diraihnya bersama Yola di pertandingan yang mereka ikuti. “Sangat puas bisa mempersembahkan medali emas,” ujarnya.

Selanjutnya, Nunu Nugraha, Asep Yuldan, dan Anggi Faisal mempersembahkan medali emas ketiga dalam cabang Pencak Silat nomor seni beregu putra.

Aksi ketiga pesilat Indonesia tersebut meraih skor 465 poin. Jumlah itu diganjar emas, mengungguli skor Vietnam (450) dan Thailand (448) yang secara berurutan meraih perak dan perunggu.

Dengan tambahan medali tersebut, Indonesia kini sudah meraih total 53 keping emas di Asian Games 2018. Rinciannya adalah 15 emas, 13 perak, 25 perunggu.

Hari ini masih ada sejumlah pesilat Indonesia yang akan tampil pada nomor-nomor perebutan medali. Artinya, cabang ini masih berpeluang mendulang medali tambahan buat Merah Putih.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here