Relawan Gatot Nurmantyo Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

0
275
idntimes.com

Jakarta, namalonews.com – Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) sekarang ini berganti nama menjadi Garda Nasional untuk Rakyat telah menyatakan dukungan mereka untuk Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Koordinator Presidium Nasional GNR Dondi Rivaldi menegaskan bahwa pihaknya telah melihat kerja nyata Presiden Jokowi 4 tahun belakangan.

Ketua Presidium GNR Dondi Rivaldi mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo tidak maju sebagai calon di pilpres 2019.

“Kami nyatakan, mendukung, memperjuangkan, dan memenangkan Bapak Jokowi dan Bapak KH Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wapres RI periode 2019-2024, dengan cara adil, beradab dan bermartabat,” ujar Ketua Presidium GNR Dondi Rivaldi dalam deklarasi di Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Keputusan tersebut merupakan hasil koordinasi dari para relawan GNR se-Indonesia. Pertimbangannya, melihat hasil kerja Presiden Jokowi dalam empat tahun terakhir.

“Latar belakang Pak Jokowi sudah buktikan kerja-kerja nyata dalam kurun waktu empat tahun terakhir,” jelas Dondi.

“Bahwa dalam kurun waktu pascareformasi 1998 perjuangan cita-cita bangsa Indonesia mulai mendekati apa yang kita harapkan. Pembangunan ekonomi, politik, sosial, dan peradaban budaya Indonesia semakin nyata,” tegas Dondi di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Agustus 2018.

“Pembangunan infrastruktur juga sudah menyentuh sampai daerah-daerah dan sudah dirasakan oleh masyarakat, dan pembangunan ekonomi juga sudah mulai terlihat,” lanjutnya.

GNR juga ingin mencegah hancurnya tatanan demokrasi. Kepemimpinan Jokowi dipercaya bisa mewujudkan itu. Terlebih, Jokowi dianggap tegas, pro rakyat, dan dekat dengan ulama. Mereka bertekad memperjuangkan kemenangan Jokowi-Ma’ruf.

Dondi juga mengajak seluruh masyarakat menggalang kekuatan. Kampanye yang dilakukan pun harus sesuai aturan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk santun dalam berkampanye dan tak melanggar undang-undang,” ucap dia.

“Dari teman-teman nasional dan daerah, kami menyimpulkan bahwa Jokowi dan Ma’ruf Amin adalah sosok yang tepat. Dengan latar belakang Jokowi sudah membuktikan kerja nyata,” tuturnya.

Dondi pun mengimbau kepada seluruh elemen perjuangan baik dari partai politik maupun relawan untuk bersatu padu dalam memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin di 2019.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengedepankan cara-cara kampanye yang santun simpatik dengan memegang teguh prinsip kemanusiaan, keadilan, keterbukaan, serta tidak melanggar perundang-undangan yang ada,” tukasnya.

Peralihan dukungan tersebut diputuskan setelah melihat mantan Panglima TNI tersebut tidak maju sebagai calon di pilpres mendatang.

Namun, mereka tidak ingin berandai-andai terkait dukungan Gatot dan masa depan presidium tersebut. Para relawan menyatakan ingin berdiskusi terlebih dahulu dengan Gatot.

Setelah keputusan ini, mereka akan bertemu dengan Gatot secepat mungkin. Para relawan akan menyampaikan dan mendiskusikan hasil keputusan tersebut.

Namun, mereka mengaku akan maklum jika Gatot memiliki pandangan yang berbeda dari deklarasi para relawan.

“Makanya kami siapkan pengganti kepanjangan GNR, menjadi Garda Nasional untuk Rakyat, seandainya memang beliau memiliki sikap politik yang berbeda,” tutur Sekjen GNR Uchok Khoir pada kesempatan yang sama.

Kendati demikian, Bambang mengatakan, seluruh pemangku kepentingan dalam tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf menginginkan figur ketua tim berasal dari kalangan non-parpol.

Bambang tak membantah saat ditanya apakah ada kemungkinan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan dipilih sebagai ketua tim.

Bahkan, Bambang juga menyebut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berpotensi untuk mengisi posisi tersebut, meski saat ini mantan Panglima TNI periode 2013-2015 itu ditunjuk sebagai wakil ketua tim pemenangan.

“Bisa Gatot, bisa Pak Moeldoko dan bisa yang lainnya. Tampaknya semangat yang sedang dibangun oleh tim Pak Jokowi itu adalah Ketuanya non-parpol,” kata politisi yang akrab disapa Bamsoet itu. (Gus Anto/Viwi Yusya/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here