Calon Presiden Prabowo Subianto Selaku Ketua Umum IPSI, Bakal Beri Bonus untuk Atlet Pencak Silat Peraih Emas

0
339
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – IPSI (Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia) adalah induk organisasi resmi pencaksilat di seluruh Indonesia di bawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Pencaksilat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Melayu. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand Selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara.

Pada gelaran pesta olahraga negara-negara Asia (Asian Games) tahun 2018 ini yang diselenggarakan di Indonesia, atlet pencaksilat Indonesia menyapu bersih emas dari cabang olahraga pencaksilat.  Atlet pencaksilat Indonesia sudah menyumbang delapan medali emas.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencaksilat Indonesia (IPSI) dan sekaligus juga sebagai Presiden Persekutuan Pencaksilat Antarbangsa (Persilat), punya peran di balik kesuksesan tersebut.

Adalah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo, yang mengungkap peran Prabowo untuk kecemerlangan atlet pencaksilat di Asian Games. Edhy merupakan Ketua Harian PB IPSI.

“Pak Prabowo kan Ketua Umum IPSI yang selalu mengemong kita, menyemangati, mengayomi kita. Beliau itu inspirasi kita untuk pencaksilat Indonesia. Beliau yang selalu menyemangati kita untuk berani, untuk berjiwa kesatria,” jelas Edhy.

Atas prestasi yang diraih atlet pencaksilat Indonesia di ajang Asian Games tersebut, mereka dijanjikan hadiah yang berupa bonus. Hal itu dinyatakan oleh orang dekat Prabowo, Ahmad Muzani.

“Biasanya gitu yang berprestasi oleh beliau dikasih bonus. Bonusnya apa besarnya berapa saya juga enggak tahu,” kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di depan kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara No 4, Jakarta Selatan, Senin (27/8/2018).

Melalui Muzani, Prabowo menyampaikan sukacitanya atas torehan prestasi atlet pencaksilat Indonesia. Menurutnya, pencaksilat mampu menyumbang 40 persen dari keseluruhan perolehan emas di Asian Games 2018. Atas perolehan emas itu posisi Indonesia naik ke posisi empat.

“Sehingga ini beliau merasa bersyukur dan berbangga semua atlet pencaksilat telah memberikan dedikasi yang besar, dan memiliki harapan untuk mendapatkan emas berikutnya karena masih ada enam pertandingan lagi yang Indonesia akan ikuti,” kata Muzani.

Menurutnya, atlet pencaksilat telah melampaui target yang diberikan. Prabowo berharap hal itu menjadi titik kebangkitan olahraga Indonesia.

“Melampaui target, target KONI 2, target PB IPSI 4, Pak Prabowo minta sebanyaknya banyaknya. Sudah melampaui,” kata Muzani.

Prabowo, kata Muzani, berperan penting atas kemenangan para atlet ini. Peran itu sebagai Ketua Umum IPSI selama tiga periode. Prabowo juga berencana menonton langsung pertandingan pada Rabu (29/8) mendatang.

“Tanggal 29 atau berapa beliau berencana ke sana. Tapi, kan selama ini beliau memonitor terus persiapan dan lainnya, mengikuti semua perkembangan termasuk latihan,” pungkas Muzani.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengklaim Prabowo Subianto akan memberi bonus kepada atlet pencak silat yang memperoleh medali emas dalam Asian Games tahun 2018.

Menurut Muzani, Ketua Umum Partai Gerindra yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) itu biasa memberikan bonus kepada atlet yang berprestasi.

“Biasa gitu yang berprestasi oleh beliau (Prabowo) dikasih bonus,” ujar Muzani di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, Senin (27/8).

Meski mengklaim bakal memberi bonus, Muzani tidak mengetahui jenis bonus dan seberapa besar bonus yang akan diterima para atlet tersebut. “Bonusnya berapa, besarnya berapa saya tidak tahu,” ujar  Muzani.

Di sisi lain, Muzani menilai Prabowo berjasa besar dalam cabang Pencak Silat di Indonesia. Hal itu, kata dia, dibuktikan lewat statusnya sebagai Ketum PB IPSI selama tiga periode.

Bahkan, bakal capres di Pilpres 2019 itu menjabat sebagai Presiden Persekutuan Penncak Silat Antarbangsa. “Jadi peran beliau sangat besar,” ujar Muzani.

Muzani menambahkan Prabowo bakal menemui para atlet pencak silat yang berlaga di Asian Games 2018. Namun, ia belum dapat memastikan waktu pertemuan pertemuan tersebut.

Sebelumnya, para atlet Indonesia terus menambah perolehan medalinya dalam ajang Asian Games 2018. Khusus cabang olahraga Pencak Silat, Indonesia berhasil mengumpulkan delapan medali emas.

Penulis : Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here