Mendadak, TV One Batalkan Acara ILC. Ada Apa?

0
482
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Indonesia Lawyers Club (disingkat ILC; sebelumnya bernama Jakarta Lawyers Club) adalah acara talkshow atau diskusi yang disiarkan secara langsung oleh televisi swasta, TV One. Acara ini menampilkan dialog atau diskusi mengenai masalah hukum dan kriminalitas di Tanah Air.

Acara ini disiarkan selama kurang lebih 210 menit. Acara ini dipandu oleh Karni Ilyas dan disiarkan setiap hari Selasa mulai pukul 19:30 WIB. Jumlah penontonnya di seluruh Indonesia mencapai jutaan orang.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pernah melakukan survei indeks kualitas program siaran televisi periode di Indonesia.  Survei itu berfungsi sebagai sarana  pengawasan KPI agar program televisi di Tanah Air semakin berkualitas.

Salah satu yang disurvei adalah kategori talkshow. Pada kategori ini, program tvOne, Indonesia Lawyers Club (ILC) mendapatkan indeks kualitas program talkshow tertinggi yakni 3,08.

Sebagai tayangan televisi yang berisi dialog paling favorit di Indonesia, kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh pemirsa. Pemirsa sabar menunggu dan betah menyaksikannya  hingga acara usai.

Namun, untuk tayangan hari ini, Selasa malam (28/8/2018) mendadak batal. Pembatalan mendadak itu disampaikan  secara resmi oleh ILC TV One.

“Kepada pemirsa setia ILC, MOHON MAAF dikarenakan adanya kendali teknis, kami sampaikan bahwa hari ini, 28 Agustus 2018, untuk sementara #ILCTidakTayangLIVE. Sampai bertemu di ILC yang akan datang,” demikian pengumuman resmi dari ILC tvOne melalui akun twitternya.

Atas pembatalan mendadak tersebut, sontak publik bertanya-tanya. Ada apa?

Sebelum acara dibatalkan, banyak pihak mengusulkan kepada Karni Ilyas agar mengangkat topik persekusi terhadap aktivis gerakan #2019GantiPresiden dan kebabasan berpendapat yang dikebiri.

“Yang saya dengar, memang ILC akan membahas soal fenomena “Kebebasan Berpendapat yang Dikebiri”. Ada kemungkinan, yang dimaksud “TEKNIS” adalah intervensi. Minta Ganti tema. Pelaku intervensi yang jelas bukan dari pendukung Pancasila,” kata aktivis #2019GantiPresiden, Mustofa Nahrawardaya melalui akun twitternya.

Dugaan pun kemudian muncul ke publik. Wajar jika publik mempunyai dugaan terkait dengan tema diskusi tersebut yang menjadi alasan pembatalan.

Menurut salah satu narasumber yang sudah dihubungi sebelumnya, Fadli Zon, pembatalan mendadak acara diskusi tersebut adalah karena adanya intervensi. Terus pertanyaan pun muncul: intervensi dari mana?

Fadli Zon pun enggaan menjawab intervensi dari mana. Tentunya publik menduga-duga dari mana asalnya intervensi.

“Wah jgn2 ILC dipersekusi jg via telp penguasa. Semalam sy dihubungi jadi salah satu narsum. #rezimpanik,” ujar Fadli Zon di akun twitternya.

Penulis : Suliis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here