SBY Setujui Djoko Santoso Ketuai Tim Sukses Pasangan Prabowo dan Sandiaga

0
78
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Partai Gerindra menyebutkan bahwa koalisi pengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno telah menyetujui penunjukan Djoko Santoso sebagai ketua tim sukses pasangan tersebut. Pihak Partai Demokrat telah setuju jika Djoko Santoso menjadi ketua tim sukses Prabowo dan Sandiaga. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua DPP PD Jansen Sitindaon.

Jansen Sitindaon menjelaskan bahwa dirinya tidak tahu menahu mengenai kebenaran PAN dan PKS juga telah setuju perihal penunjukan Djoko Santoso sebagai ketua tim sukses. Akan tetapi, ia memastikan bahwa Partai Demokrat telah menyepakati penunjukan Djoko Santoso melalui rapat yang dipimpin langsung Ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Kalau terkait Demokrat, iya, benar (telah setuju). Senin (27 Agustus) malam kemarin, dalam rapat dengan Pak SBY di rumah Kuningan. Saya mendengar langsung Pak SBY menyampaikan telah menyetujui Pak Djoko Santoso menjadi ketua tim sukses Prabowo dan Sandi”, terang Jansen Sitindaon pada hari Rabu, 29 Agustus 2018.

Jansen Sitindaon juga mengungkapkan alasan SBY menyetujui Djoko Santoso sebagai ketua tim sukses pasangan Prabowo dan Sandiaga. Alasan tersebut antara lain adalah Djoko Santoso dinilai sudah tidak asing di pemerintahan SBY selama dua periode menjabat sebagai Presiden RI, sehingga ia disebut sangat berpengalaman.

“Alasannya, karena Pak Djoksan (Djoko Santoso) yang diangkat Pak SBY menjadi KASAD periode 2005 – 2007, dan Panglima TNI periode 2007 – 2010 ini dengan latar belakang jaringan dan rekam jejak yang dimilikinya memang orang yang tepat, dan syarat pengalaman untuk memimpin dan mengkoordinasi pemenangan Prabowo dan Sandi di seluruh Indonesia yang luas ini”, terang Jansen Sitindaon.

Di samping itu, pihak Partai Gerindra telah memastikan bahwa anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Djoko Santoso, disepakati untuk memimpin tim pemenangan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam Pemilihan Presiden tahun 2019 mendatang.

Dijelaskan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, serta Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri telah menyampaikan persetujuannya untuk menunjuk Djoko Santoso sebagai ketua tim pemenangan pasangan Prabowo dan Sandiaga.

“Sudah disepakati. Pak SBY sudah setuju, Habib Salim sudah setuju, Pak Zulkifli Hasan juga (sudah setuju)”, terang Ahmad Muzani selaku Sekretaris Jenderal Gerindra ketika ditemui di Jalan Kertanegara No. IV, Jakarta Selatan, pada hari Senin, 27 Agustus 2018 kemarin.

Persetujuan penunjukkan Djoko Santoso tersebut, dilakukan melalui pertemuan bilateral yang dilaksanakan dengan masing-masing elite partai. Akan tetapi, Muzani menyebutkan bahwa belum ada surat keputusan terkait dengan kesepakatan nama Djoko sebagai pimpinan tim pemenangan Prabowo dan Sandiaga.

“Ini soal administratif saja. Kan (nama Djoko Santoso) akan kita daftarkan langsung di KPU pada waktunya setelah lengkap”, terang Ahmad Muzani.

Dia juga meyakini bahwa Djoko Santoso bisa menyatukan seluruh partai politik yang tergabung dalam koalisi pengusung pasangan Prabowo dan Sandiaga dalam Pemilihan Presiden 2019 nanti. Selain itu, ia juga menuturkan bahwa pengalaman Djoko Santoso di bidang militer, dinilai mampu menjadi bekal yang kuat dalam menghadapi perhelatan pesta demokrasi di Indonesia tahun depan.

“Bagaimanapun, beliau kan senior, pernah jadi Panglima ABRI. Jadi, saya kira pengalaman di medan lapangan bisa dipakai untuk menghadapi pesta demokrasi (Pemilihan Presiden 2019)”, jelas Ahmad Muzani. (Rico/Gus Anto/Viwi Yusya/Thoriq/Izzul/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here