Anies: Jakarta Jadi Perhatian, Partai Tak Main-Main Calonkan Nama Wagub

0
289
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Anies Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta mempercayakan kandidat wakil gubernur yang akan mendampinginya kepada partai pengusungnya, yakni Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dalam menentukan calon pengganti Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur DKI Jakarta, Anies menyatakan bahwa kedua partai tersebut tentu tidak akan sembarangan.

“Siapa pun (bisa) diajukan di partai politik. Saya percaya partai politik sudah mempertimbangkan matang. Jakarta akan jadi perhatian. Karena itu, partai tidak akan main-main di dalam mencalonkan nama (pengganti wakil gubernur)”, jelas Anies ketika ditemui di kawasan Rawamangun, pada hari Jumat, 31 Agustus 2018.

Mantan Menteri Pendidikan ini juga mengaku bahwa dirinya tidak terlibat dalam memberi usulan terkait dengan pengganti posisi Sandiaga Uno itu. Dia siap untuk bekerja sama dengan siapa pun orang yang telah ditentukan oleh partai pengusungnya. Namun, dia percaya bahwa dalam menentukan kandidat wakil gubernur, partai politik tentunya akan berkomunikasi dengan dirinya.

“Meski secara resmi tidak ada kewajiban, pasti mereka (partai politik pengusung) komunikasi”, terang Anies.

Ia menjelaskan, untuk saat ini, partai politik tengah disibukkan oleh banyak hal. Selain terkait dengan persiapan pemilihan presiden untuk tahun 2019 mendatang, partai politik juga menjalani proses pemilihan legislatif. Maka dari itu, Anies mengatakan, pembahasan mengenai wakil gubernur DKI masih belum begitu intensif.

Anies menuturkan, meskipun demikian, pada dasarnya, partai pengusungnya tetap menunggu Keputusan Presiden mengenai pemerhentian Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur DKI terlebih dahulu. Baru setelah urusan pemberhentian Sandiaga selesai, partai politik akan langsung mengurus penggantinya.

“Mereka ga bisa mengajukan nama sebelum ada ketetapan dari Presiden, bahwa pengunduran diri Pak Sandiaga Uno dinyatakan sah”, terang Anies.

Terkait dengan kekosongan jabatan wakil gubernur DKI Jakarta, telah muncul sejumlah nama yang digadang-gadang akan menggantikan peran Sandiaga Uno untuk mendampingi Anies Baswedan. Salah satunya adalah mantan wakil wali kota Bekasi, Ahmad Syaikhu.

Ia bersyukur, di mana banyak masyarakat yang memberikan dukungan agar dirinya bisa menjadi wakil gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno.

“Ya, mungkin kan itu representasi sebagian masyarakat. Ya mungkin (masyarakat) punya kedekatan emosional dengan saya, melalui akun media sosial. Bisa jadi, ada juga yang memberi dukungan ada juga yang tidak. Tapi, kalau saya lihat sih, alhamdulillah banyak yang memberi support”, jelas Ahmad Syaikhu ketika dihubungi di Kantor Asyikpreneur, Jawa Barat, pada hari Kamis, 30 Agustus 2018.

Ahmad Syaikhu mengaku dirinya siap apabila nantinya ditunjuk menjadi wakil gubernur DKI Jakarta yang saat ini masih belum ditentukan.

“Insyaallah kalau siap, saya siap (menjadi wakil gubernur DKI)”, jelas Ahmad Syaikhu.

Penunjukkan wakil gubernur DKI menggantikan Sandiaga Uno, menurut Ahmad Syaikhu masih dalam proses pembahasan di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS. Ia pun menyerahkan mekanisme penunjukkannya kepada PKS.

“Jadi, kalau sampai sekarang, mungkin nama saya alhamdulillah masih masuk (daftar kandidat wakil gubernur DKI). Tetapi namanya politik ya, banyak kajian. Sampai nanti menemukan keseimbangannya. Kita tunggu saja (hasilnya)”, terang Ahmad Syaikhu.

Sebelumnya, Triwisaksana yang merupakan Penasihat Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta telah menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah ada enam nama calon wakil gubernur DKI Jakarta yang akan menggantikan peran Sandiaga Uno yang mengundurkan diri karena akan maju di Pemilihan Presiden 2019 bersama dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Rico/Gus Anto/Viwi Yusya/Thoriq/Izzul/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here