Tanpa Bantuan Ahmad Dhani dan Maia, Dul Rilis Single “Taklukkan Dunia”

0
218
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Abdul Qodir Jaelani atau yang akrab disapa Dul seperti ingin menunjukkan ke semua orang bahwa dia bisa menaklukan dunia musik tanpa bantuan dari kedua orang tuanya, Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Dul merilis single yang berjudul “Taklukkan Dunia” di luar label Dhani atau Maia.

Anak bungsu Maia ini, sejak awal memutuskan bermusik memang tak ingin dibantu oleh sang ayah maupun ibundanya. Bagi Dul, dia ingin menjadi diri sendiri serta berusaha dengan kemampuannya sendiri.

Di single ketiga atau pertama yang dikemasnya secara profesional tersebut, Dul Jaelani memang banyak memperoleh petuah dari sang bunda. Pernah ingin mengajukan musik di bawah label Maia, akan tetapi ditolak supaya bisa mandiri.

Dul Jaelani pun akhirnya menyambangi banyak label sendiri serta memberikan lagunya untuk dapat diedarkan. Proses inilah yang membuat Dul Jaelani bisa belajar. Ia yakin tanpa bantuan dari sang ayah dan bunda, dia bisa menghargai proses serta akhirnya dapat menjadi musisi ternama.

“Penolakan-penolakan dari label tentu saja ada. Akhirnya bertemu dengan label 401 yang menjadi jodoh saya. Meskipun tidak di bawah label ayah atau bunda, jelas mereka sangat berpengaruh dalam perjalanan musik saya,” imbuh Dul Jaelani.

“Saya merintis dari nol dan menawarkan ke beberapa label, ada yang nolak juga. Karena dulu saya idealis banget, akhirnya sekarang ketemu label yang punya visi yang sama dan ayah bunda sudah merestui. Aku anak ayah bunda yang terakhir, ingin berdikari dengan musik sendiri, usaha sendiri,” kata Dul Jaelani saat jumpa pers di Jakarta.

Dul Jaelani melanjutkan, “Kalau bahas musik, nomor satu adalah karya. Mau anaknya siapa, faktor utama adalah karya bukan uang dan lain-lain.”

Single “Taklukkan Dunia” mengambil genre musik kekinian atau elektronik. Padahal awalnya, Dul memandang sinis musik itu.

“Salah satunya yang merubah pandangan saya terhadap musik EDM adalah Coldplay yang berhasil membuat saya menitikkan air mata,” kata Dul Jaelani.

“Soul-nya EDM. Pada waktu itu, sempet sinis pada musik zaman now. Tapi aku merasa kayak haters kalau cuma nyinyir doang. Waktu itu aku merasa tertantang untuk bikin musik elektronik. Alhamdullilah kesampaian, dibantu sama Bang Pay,” tambah mantan personel band The Lucky Laki tersebut.

Remaja yang masih berusia 18 tahun ini mengatakan akan terus bereksplorasi dalam hal bermusik. Dul tidak akan berhenti hanya dengan satu genre musik saja.

“Saya tipe musisi yang suka mengeksplor. Single pertama saya, “Kamu dan Aku”, pop alternatif. Single kedua “Cakrawala”, lagunya grunge. Jangan kaget juga kalau single keempat saya mungkin dangdut. Saya akan terus mengeksplor musik. Insya Allah saya akan terus mengeksplor,” kata Dul.

Lantas akankah Dul Jaelani meninggalkan genre grunge yang selama ini sangat ia sukai. Dengan berseloroh, Dul yakin bahwa Kurt Cobain, pentolan musik grunge akan merasa bangga kepada Dul Jaelani. Sebab Dul Jaelani sempat mengeluarkan single sesuai dengan idealisnya yakni Cakrawala yang bergenre grunge ketika masih indie.

“Mungkin single selanjutnya dangdut, atau pop atau grunge, atau balik lagi ke EDM. Kalau dulu genre musik berubah di setiap album saya berpikir kenapa sekarang tidak berubah di setiap single. Namun yang jelas Kurt Cobain mungkin akan bangga kepada saya karena saya telah mengeluarkan single Cakrawala,” tutup Dul Jaelani sambil tersenyum. (Rico/Gus Anto/Viwi Yusya/Thoriq/Izzul/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here