KMP Ihan Batak Meluncur ke Perairan Danau Toba

0
449
Foto : Dailyanalisa

Jakarta, namalonews.com – Dari Desa Parparean, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara, KMP Ihan Batak meluncur ke perairan Danau Toba, Sabtu (01/9/2018). Ditandai dengan bunyi sirene peluncuran kapal yang dibangun pemerintah ini disaksikan oleh ratusan masyarakat dan juga pejabat daerah setempat.

Pengerjaan kapal dengan kapasitas 280 penumpang ini dilakukan oleh PT Dok Bahari Nusantara. Nantinya KMP Ihan Batak ini akan melayani rute dari Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Tobasa menuju Pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir.

Nama Ihan atau ikan Batak (Neolissochillus Thienemanni sumatranus) diambil dari nama ikan endemik di Tanah Batak yang sudah terancam punah dan masuk dalam Red List Status di IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) dengan kode Ref.57073 sejak tahun 1996.

Ihan Batak berasal dari dari genus Neolissochilus. Dikenal secara umum di dunia perikanan dari genus Tor, memang tampilannya mirip dengan ‘ihan’ genus Neolissochilus, dan memang berasal dari keturunan yang sama yaitu Family Cyprinidae.

Genus Tor dijumpai di berbagai habitat aslinya di Indonesia seperti di Tanah Batak (Sumatera Utara), Sumaetra Barat, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan mungkin masih banyak ditemukan di daerah lainnya.

Ikan Batak yang dimaksud (genus Tor) bagi orang Batak sendiri dikenal dengan nama dekke Jurung-jurung atau Ikan Jurung. Secara umum Ikan Jurung ini disebut sebagai Ikan Batak karena di tanah Batak lebih lazim digunakan dalam suatu prosesi adat.

Bentuk tubuh ihan Batak memanjang dan ramping, warnanya seperti perak, mengilap. Ada juga jenis bagian punggungnya menghitam.

Ihan Batak sebagai simbol kesuburan dengan harapan kepada keluarga yang diberikan panganan dari Ikan Jurung-jurung ini akan berketurunan banyak dan mendapat rejeki sebagaimana perilaku Ikan Jurung-jurung tersebut yang sifat hidupnya membaur beriring-iringan.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here