Blackberry Gugat Facebook, Sebaliknya Facebook Juga Tuntut Blackberry

0
204
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Sengketa paten yang terjadi antara dua perusahaan raksasa teknologi, Blackberry dan Facebook. Masing-masing menuduh telah menggunakan teknologi yang dibuatnya.

Seakan-akan tidak terima, facebook membalas menuntut blackberry. Dokumen tuntutan Facebook setebal 118 halaman telah diberikan kepada pengadilan federal San Francisco, Amerika Serikat.

Dalam tuntutannya Facebook menduga blackberry telah menggunakan teknologi facebook tanpa izin, totalnya sebanyak 6 paten yang dilanggar oleh Blackberry, diantaranya adalah layanan pesan instan, dan termasuk voice messaging.

Pelanggaran paten lainnya yang digugat oleh Facebook adalah penggunaan teknologi pengolah grafis  , video, dan audio di perangkat mobile, serta paten yang terkait dengan analisa data GPS.

Facebook akan menuntut ganti rugi kepada Blackberry, tapi jumlah pasti yang diminta oleh Facebook masih belum diketahui.

Sepanjang Blackberry berdiri Blackberry telah memiliki paten global terkait teknologi sebanyak 40.000. Blackberry kadang menuntut perusahaan yang menggunakan patennya agar perusahaan terebut membayar royalti.

Selain Facebook ada perusahaan lain juga yang dituntut oleh Blackberry, diantaranya Qualcomm, dan Nokia.

Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here